Breaking News:

Virus Corona Mewabah

Kasus Covid-19 Menggila, IDI Jabar Terbitkan Imbauan Bagi Para Dokter, 40 Dokter di Jabar Terpapar

IDI Jabar memberikan surat imbauan bagi para dokter di tengah meningkatnya kasus virus corona.

Istimewa
Gambar mikroskop elektron transmisi menunjukkan virus corona SARS-CoV-2, juga dikenal sebagai 2019-nCoV, virus coronavirus yang menyebabkan COVID-19 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Jawa Barat menerbitkan surat imbauan untuk meningkatkan kewaspadaan penyebaran Covid-19 di Jawa Barat.

Imbauan tersebut diberikan khususnya kepada para dokter yang bertugas di Jawa Barat.

Dalam surat yang diterbitkan 12 September 2020 tersebut, dinyatakan sehubungan dengan meningkatnya pertambahan kasus baru Covid-19, khususnya di 27 kota atau kabupaten se-Jawa Barat, maka IDI Jabar mengimbau, mengajak, dan saling mengingatkan para dokter, untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap Covid-19.

IDI Jabar mengajak untuk melaksanaan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dalam segala aspek dengan cara sedapat mungkin menghindari risiko terpapar Covid-19, terutama di zona risiko tinggi.

IDI pun mengajak semua pihak untuk terus ikut serta dalam mengedukasi dan mengawasi protokol kesehatan di setiap lapisan di tengah masyarakat dan selalu berkoordinasi dan bekerja sama dengan satgas dan pihak bewenang setempat.

Dalam surat tersebut dirinci bahwa dokter yang melakukan pemeriksaan pasien hendaklah menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) yang tepat untuk menghindari risiko terpapar atau tertular.

Tenaga medis akan gugur kewajibannya melayani pasien bila tidak tersedia APD yang sesuai ketentuan persyaratan.

Tenaga medis diminta senantiasa terus menerapkan protokol kesehatan di tempat prakteknya masing-masing, dengan memperhatikan aturan social distancing di ruang tunggu, menyiapkan fasilitas cuci tangan, dan sanitizer yang mencukupi.

Kemudian diminta terus-menerus untuk ikut edukasi, sosialisasi kepada masyarakat untuk senantiasa memproteksi diri, terutama memakai masker, dan senantiasa mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas.

Halaman
123
Editor: Fauzie Pradita Abbas
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved