Breaking News:

Covid 19 di Pasar Cebongan

Penularan Covid-19 di Pasar Cebongan Sleman Masuk Kategori Klaster, Sudah Sampai Generasi Tiga

dari hasil tracing ada pedagang yang positif Covid-19. Selain itu ada keluarga pedagang juga tertular Covid-19

IRNA
Ilustrasi Virus Corona 

TRIBUNCIREBON.COM - Penularan Covid-19 yang berasal dari kasus positif di Pasar Cebongan sudah sampai generasi ke tiga. Sehingga, bisa dikatakan, kasus Pasar Cebongan menjadi salah satu klaster penularan Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman Joko Hastaryo mengatakan, yang namanya klaster itu, pola penularannya jelas dan penularannya sudah sampai generasi ketiga.

"Sehingga kalau pertimbangan secara epidemologis, memang itu (Pasar Cebongan) bisa dikatakan termasuk klaster," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman Joko Hastaryo Senin (14/9/2020). 

Joko menyampaikan, kasus di Pasar Cebongan diawali dari dua orang yang dinyatakan positif Covid-19.

Satu orang merupakan penjaga toilet dan satu lagi seorang pedagang. Setelah diketahui ada yang positif, pihaknya langsung melakukan tracing.

"Tracingnya cukup besar, sekitar 98 sampai 100 ada yang swab ada yang rapid test, yang rapid test yang reaktif lanjut di-swab," jelasnya.

Menurutnya, dari hasil tracing ada pedagang yang positif Covid-19. Selain itu ada keluarga pedagang juga tertular Covid-19.

Sampai saat ini, dari klaster Pasar Cebongan total ada 19 orang yang dinyatakan positif Covid-19.

"Data pastinya masih belum lengkap, tapi sebagian besar dari keluarganya yang dua orang tadi, tapi ada juga yang teman berjualan (yang positif). Jadi karena kemungkinan kontak dengan pedagang yang lain ya kita tracing-nya sampai pedagang juga," katanya.

Proses tracing, lanjutnya, sampai saat ini masih terus dilanjutkan. Tracing dikembangkan dari yang hasilnya diketahui positif Covid-19.

Halaman
123
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved