Breaking News:

Hah, Sudah Habis Duit Rp 180 Juta, Tugu Selamat Datang di Sumedang Mau Dirobohkan, Kenapa ya?

Tugu selamat datang di Jalan Raya Bandung-Sumedang tepatnya di wilayah Desa Ciherang, Kecamatan Sumedang Selatan

tribunjabar/hilman kamaludin
Sudah Habis Duit Rp 180 Juta, Tugu Selamat Datang di Sumedang Mau Dirobohkan dan Dibangun Ulang 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNCIREBON.COM, SUMEDANG - Tugu selamat datang di Jalan Raya Bandung-Sumedang tepatnya di wilayah Desa Ciherang, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang bakal dirobohkan dan dibangun ulang karena ada kesalahan desain.

Upaya itu dilakukan karena desain tugu tersebut menuai kritik dari masyarakat, terutama di sosial media akibat bentuknya dinilai tidak futuristik dan tidak menunjukan ciri khas Kabupaten Sumedang.

Pantauan Tribun Jabar, Senin (14/9/2020), desain tugu yang berbentuk bulat memanjang dan berwarna putih tersebut hanya ditambah ornamen seperti tulisan Wilujeng Sumping Di Sumedang Kota Tahu.

Kemudian dibagian sampingnya ditambah beberapa ornamen seperti tahu yang berwarna cokelat. Namun, jika dilihat lebih dekat ornamen itu bentuknya malah terlihat seperti kotak biasa.

 Hati-hati! IG Baim Wong Dihack, Paula Verhoeven Sebut Pelaku Coba Menipu dan Minta Nomor Rekening

Kepala Bidang Tata Bangunan, Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Sumedang, Budi Santosa mengatakan, dalam pembangunan tugu selamat datang tersebut memang ada sedikit kesalahan pada desain awal.

"Ada sedikit kesalahan pada desainnya. Pada waktu itu ada beberapa masukan, kemudian kita membuat konsepnya. Tapi memang hasilnya kurang maksimal seperti itu," ujarnya kepada Tribun Jabar saat dihuhungi, Senin (14/9/2020).

Awalnya, kata Budi, konsep pembuatan tugu tersebut akan desainnya menunujukan ciri khas Kabupaten Sumedang sesuai keinginan Bupati, namun karena ada kesalahan desain, hasilnya malah jadi seperti itu.

"Pertama kita menggunakan konsep pembangunan tugu itu dari bahan akrilik dengan anggaran Rp 180 juta," katanya.

 Inilah 4 Laga Liverpool yang Bikin Para Pendukung Sport Jantung

Ia mengatakan, pembangunan tugu selamat datang yang dibangun pada tahun 2019 itu konsepnya tidak dikonsultasikan atau diajukan terlebih dahulu dengan Bupati Sumedang.

"Intinya bupati hanya menginginkan konsep tugu itu yang mencirikan identitas Sumedang. Jadi, dengan pembangunan sekarang akan dibangun dengan konsep modern seperti keinginan bupati," ucap Budi.

Editor: Fauzie Pradita Abbas
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved