Breaking News:

Pilkada Serentak 2020

Pasangan Balon Bupati-Wabup Indramayu Kebagian Cek Kesehatan Pada 9-10 September di RSHS Bandung

pemeriksaan kesehatan bagi calon kepala daerah di Pilkada Serentak 2020 di Provinsi Jabar harus dilakukan di rumah sakit tipe A

Tribun Jabar/Syarif Pullof Anwari
Direktur Utama RSHS, Nina Susana Dewi 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG - Sebanyak 25 pasang bakal calon bupati dan wakil bupati serta bakal calon wali kota dan wakil wali kota Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2020 Provinsi Jawa Barat menjalani pemeriksaan kesehatan, Senin, 7 September 2020 hingga Kamis, 10 September 2020 di Rumah Sakit Umum Pemerintah (RSUP) Hasan Sadikin Bandung dan RSPAD Jakarta.

"Dari delapan daerah di Jabar yang melaksanakan Pilkada Serentak Tahun 2020, khusus untuk bakal calon kepala daerah Kabupaten Karawang menjalani tes kesehatannya di RSPAD di Jakarta. Sisanya, tujuh daerah di RSHS Bandung," kata Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jabar, Endun Abdul Haq, ketika dihubungi melalui telepon, Senin (7/9).

Endun mengatakan pemeriksaan kesehatan untuk bakal calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Karawang dilakukan di RSPAD Jakarta diputuskan sesuai dengan rekomendasi IDI Kabupaten Karawang.

Menurut Endun, pemeriksaan kesehatan bagi calon kepala daerah di Pilkada Serentak 2020 di Provinsi Jabar harus dilakukan di rumah sakit tipe A dan hingga saat ini di delapan kabupaten/kota penyelenggara Pilkada Serentak tersebut belum memiliki rumah sakit tipe A.

"Di Jabar yang tipe A itu kan hanya Hasan Sadikin. Enggak ada lagi rumah sakit bertipe A yang lain di Jabar, termasuk di delapan kabupaten/kota ini. Sehingga nanti semua calon melakukan pemeriksaan kesehatan di RSHS Bandung," katanya

Endun mengatakan terdapat sejumlah rangkaian pemeriksaan kesehatan yang akan dijalani oleh ke-50 orang bakal calon kepala daerah tersebut, termasuk harus menjalani tes Covid-19 dengan metode PCR.

"Tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan karena sedang pandemi Covid-19. Pemeriksaan kesehatan yang akan dilakukan meliputi kesehatan fisik dan mental, serta mesti lulus tes narkoba juga pemeriksaan darah, urin, dan sebagainya. Termasuk tes Covid-19," kata Endun.

Kopassus Tak Lagi Jadi Pasukan Khusus Terbaik Dunia, Tersingkir dan Tergantikan LRR Filipina

INI Bacaan Sholawat Tibbil Qulub, Agar Anda Disembuhkan dari Penyakit, Dihindarkan dari Virus Corona

11 Bacaan Sholawat Nabi Muhammad SAW, Lengkap dengan Manfaat Masing-masing Sholawat

Pada 7-8 September 2020, pemeriksaan kesehatan dilakukan untuk bakal calon Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Cianjur Tahun 2020, yakni pasangan Lepi Ali Firmansyah-Gilar Budi Raharja, Muhammad Toha-Ade Sobari, Herman Suherman-TB Mulyana Syahrudin, dan pasangan Oting Zaenal Mutaqin-Wawan Setiawan.

Pada 8-9 September 2020 pemeriksaan kesehatan akan dilakukan untuk empat daerah, yang pertama adalah bakal calon Pilbup Kabupaten Bandung Tahun 2020 yang diikuti oleh pasangan Dadang Supriatna-Sahrul Gunawan, Yena Rohaniah Iskandar Ma'soem-Atep Ahmad Riza, dan Kurnia Agustina Usman Sayogi.

Halaman
12
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved