Breaking News:

Sistem eRDKK & Kartu Tani Jadi Program Andalan Kementan Agar Distribusi Pupuk Subsidi Tepat Sasaran

jika petani yang terorganisir dalam kelompok tani dikorporasikan, tentu tidak mengalami kesulitan dalam memenuhi pupuk dan segala input produksi lai

TribunCirebon.com/Handhika Rahman
Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) melakukan inspeksi dadakan (Sidak) di gudang pupuk PT Pupuk Kujang di Kabupaten Indramayu, Sabtu (5/9/2020). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - Sistem elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (eRDKK) penerimaan pupuk subsidi dan Kartu Tani menjadi program unggulan Kementerian Pertanian (Kementan) agar penyaluran pupuk tepat sasaran.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan, sesuai instruksi dari Presiden Joko Widodo, pendistribusian pupuk harus tepat sasaran.

Pihaknya pun akan terus melakukan pemantauan agar distribusi pupuk khususnya pupuk subsidi bisa dirasakan manfaatnya oleh petani yang tepat.

"Pendistribusian pupuk harus benar-benar untuk petani yang memiliki lahan di bawah 2 hektar, jangan sampai salah sasaran penerima," ujar dia kepada Tribuncirebon.com saat sidak di Gudang Pupuk PT Petrokimia dan PT Pupuk Kujang Lini III di Jalan Raya Patrol Sumuradem, Kecamatan Sukra, Kabupaten Indramayu, Sabtu (5/9/2020).

Dengan adanya sistem elektronik juga bisa meminimalisir data ganda penerima bantuan pupuk bersubsidi 2020.

Pasalnya, mulai dari penginputan data akan lebih valid hingga 94 persen karena didukung data akurat berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK), data itu pun sepadan dengan Data dari Disdukcapil.

Direktur Jenderal Tanaman Pangan mengatakan, Kementan melalui program Korporasi Petani sangat mengefektifkan penggunaan kartu tani.

Dengan demikian, jika petani yang terorganisir dalam kelompok tani dikorporasikan, tentu tidak mengalami kesulitan dalam memenuhi pupuk dan segala input produksi lainnya.

Febri Haryadi Gagal Manfaatkan Peluang Terakhir, Skor Akhir Persib Bandung vs PS Tira Persikabo 0-0

INI Bacaan Sholawat Nabi Muhammad SAW, Supaya Anda Dimudahkan Rezekinya, Dijauhkan dari Penyakit

Pelabuhan Patimban Bakal Dorong dengan Cepat Pertumbuhan Ekonomi di Cirebon Subang dan Majalengka

"Untuk distribusi pupuk terjamin aman, kami bersinergi dengan pihak perusahaan pupuk agar segera mendaratkan atau menyalurkan stok yang ada di gudang. Kami pun selalu meminta kepala dinas untuk masif koordinasi dengan pihak perusahaan pupuk," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Handhika Rahman
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved