Breaking News:

Hari Jadi ke-522 Kuningan, Karang Taruna Mekarjaya Linggajaya Gelar Donor Darah untuk Bantu PMI

donor darah yang dilakukan itu merupakan bentuk kegiatan sosial warga dan pemuda Karang Taruna.

TribunCirebon.com/Ahmad Ripai
Karang Taruna Mekarjaya menggelar donor darah di Desa Linggajaya, Kecamatan Ciwaru, Kabupaten Kuningan 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmas Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN - Karang Taruna Mekarjaya, Desa Linggajaya, Kecamatan Ciwaru, menggelar aksi donor darah bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kuningan dan UPTD Puskesmas Ciwaru untuk Pemeriksaan Skrining PTM (Penyakit Tidak Menular),

Kegiatan bertempat di Aula Gedung Serbaguna Ciwaru, Sabtu, (5/9/2020).

Ketua Karang Taruna, Wali Keamana, mengatakan, sebelum mendonorkan darahnya para peserta donor darah diharuskan mengisi formulir yang disediakan oleh PMI untuk diketahui riwayat penyakitnya.

Sedangkan dari Petugas UPTD Puskesmas Ciwaru melakukan pemeriksaan PTM meliputi pemeriksaan tekanan darah, tinggi/berat badan, lingkar perut, cek kolesterol, kadar glukosa.

"Kegiatan bakti sosial donor darah yang dilakukan pihaknya merupakan acara yang diselenggarakan dalam rangka Milangkala atau turut memperingati Hari Jadi ke-522 Kabupaten Kuningan tahun 2020," ujar Wali.

Dia mengatakan donor darah yang dilakukan itu merupakan bentuk kegiatan sosial warga dan pemuda Karang Taruna.

"Warga Desa Linggajaya berkeinginan untuk mendonorkan darahnya, sebab melihat kebutuhan darah sangat penting dan membantu bagi PMI juga," katanya.

Dengan kegiatan tersebut, kata Wali, semoga diharapkan bisa memberikan dampak positif dan dapat berlangsung secara rutin.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada PMI kabupaten Kuningan, UPTD Puskesmas Ciwaru dan Pemerintah Desa serta seluruh Lapisan Masyarakat Desa Linggajaya atas dukungan dan partisipasi pada kegiatan ini," ujarnya.

Sementara Amin petugas PMI Kabupaten Kuningan, menjelaskan pihaknya sangat antusias dengan kegiatan yang dilaksanakan oleh Karang Taruna karena saat ini PMI masih sangat membutuhkan stok darah.

"Dalam satu hari, PMI mengeluarkan stok darah sekitar 50 kantong lebih," katanya.

Meskipun di masa Pandemi Covid 19, kata Amin, pihaknya menilai sangat baik terhadap antusias dan partisipasi warga dalam kegiatan donor darah sekarang.

"Dari 53 orang yang mendaftar donor, setelah diperiksa awal yang memenuhi syarat untuk diambil darahnya berjumlah 31 orang," ujar Amin.(*)

Penulis: Ahmad Ripai
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved