Breaking News:

Hari Ini Tarif Tol Naik, Gubernur Jabar Ridwan Kamil Protes: Tak Sejalan Upaya Pemulihan Ekonomi

Ridwan Kamil mengatakan seharusnya Jasa Marga mengikuti BUMN lainnya yang berlomba-lomba memberikan kemudahan bagi masyarakat di tengah pandemi ini.

Antara
Petugas mengatur lalu lintas kendaraan di ruas jalan tol Cikampek Utama KM 70, Purwakarta, Jawa Barat, Jumat (7/6/2019). PT Jasa Marga (Persereo) Tbk memberlakukan sistem satu arah (one way) sejak pukul 14:05 WIB untuk kendaraan dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta yang dimulai dari gerbang tol Kalikangkung KM 414 hingga gerbang tol Cikampek Utama KM 70 yang rencananya akan diberlakukan hingga Minggu (9/6/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memprotes kenaikan tarif pada Ruas Jalan Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang) dan Ruas Jalan Tol Padalarang-Cileunyi (Padaleunyi) yang mulai diberlakukan pada 5 September 2020.

Gubernur yang akrab disapa Kang Emil ini mengatakan kebijakan penyesuaian tarif tersebut tidak searah upaya memulihkan perekonomian dan upaya meringankan beban masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

"Menaikkan tarif tol di situasi ekonomi sulit saat pandemi ini sangatlah tidak bijak. Ekonomi yang potensi resesi ini hanya akan diperparah oleh kebijakan korporasi ini. Karena sub sektor ekonomi turunannya akan ikut naik," kata Kang Emil melalui akun instagram pribadinya @ridwankamil, Sabtu (5/9).

Ridwan Kamil mengatakan seharusnya Jasa Marga mengikuti BUMN lainnya yang berlomba-lomba memberikan kemudahan bagi masyarakat di tengah pandemi ini.

"BUMN yang lain-lain berlomba menurunkan, mengharatiskan, mensubsidi, ini malah menaikan beban ongkos ekonomi. Mohon ditunda dan ditinjau ulang sampai situasi ekonomi membaik, karena itu bagian dari bela negara anda," katanya.

Postingan Kang Emil ini mendapat respons positif dan dukungan warganet. Emil pun dalam kolom komentarnya menyatakan telah melakukan protes kepada Menteri PUPR.

"Satuju kang... sapamikiran...." komentar Irfan Hakim melalui akun instagramnya @irfanhakim75. Andhika Pratama lewat @andhiiikapratama pun menyatakan kesetujuannya atas protes Kang Emil tersebut.

Bacaan Sholawat Nabi Muhammad SAW, Lengkap dengan 5 Manfaat Bersholawat Bagi yang Mengamalkan

Harga HP Oppo Terbaru September 2020, Mulai Rp 1 Jutaan, Oppo A1K, Oppo A9, Hingga Oppo Reno4

Daftar Harga HP Vivo Terbaru September 2020 Mulai Rp 1 Jutaan, Ada Vivo Y50, S1, V9, Y71 & V17 Pro

Sebelumnya diberitakan, penyesuaian tarif tol pada Ruas Jalan Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang) dan Ruas Jalan Tol Padalarang-Cileunyi (Padaleunyi) akan mulai diberlakukan pada 5 September 2020, pukul 00.00 WIB.

Penyesuaian tarif ini sesuai dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No. 1128/KPTS/M/2020 tanggal 1 Juli 2020 tentang Penyesuaian Tarif Tol pada Ruas Jalan Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang dan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No. 1116/KPTS/M/2020 tanggal 26 juni 2020 tentang Penyesuaian Tarif Tol pada Ruas Jalan Tol Padalarang-Cileunyi.

Halaman
1234
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved