Breaking News:

Video

VIDEO - Wali Kota Bandung Oded M Danial Diperiksa KPK Soal Korupsi RTH, 'Saya Kenal Dadang Suganda'

Oded mengakui ditanya seputar tugas pokok dan fungsinya saat jadi anggota Banggar kemudian ditanya soal pembahasan anggaran tersebut.

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdurahman & Mega Nugraha

TRIBUNCIREBON.COM. BANDUNG - Wali Kota Bandung, Oded M Danial datang memenuhi panggilan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Gedung Satuan Sabhara Polrestabes Bandung, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung pada Jumat (4/9/2020).

Wali Kota yang akrab disapa Mang Oded itu datang sekitar pukul 9.30 WIB dan langsung memasuki lantai dua gedung Sabhara. Hingga saat ini, Oded masih menjalani pemeriksaan.

Mang Oded yang sempat menjabat sebagai anggota DPRD Kota Bandung ini diperiksa sebagai saksi, terkait kasus korupsi pengadaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) dengan tersangka Dadang Suganda.

Selain Oded, sejumlah pejabat lain juga sempat menjalani pemeriksaan sebagai saksi diantaranya Wakil Bupati Sumedang, Erwan Setiawan yang sempat menjabat sebagai Ketua DPRD Kota Bandung 2009-2024 serta Teddy Rusmawan yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPRD Kota Bandung serta sejumlah PNS Kota Bandung lainnya.

Dalam kasus tersebut, Dadang menjadi makelar tanah pengadaan RTH Kota Bandung. Dadang memanfaatkan kedekatannya dengan mantan Sekda Kota Bandung, Edi Siswadi, untuk menjual tanah ke Pemkot.

Dadang disangkakan Pasal 2 ayat (1) dan/atau Pasal 3 UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Seusai diperiksa KPK, Oded M Danial tidak banyak berkomentar saat ditanya soal perubahan anggaran pengadaan ruang terbuka hijau (RTH) di Kota Bandung pada 2011 hingga 2013 dari semula Rp 15 miliar menjadi Rp 123 miliar.

"Semuanya sudah saya sampaikan ke penyidik KPK,"ujar Oded seusai diperiksa penyidik KPK di Kantor Satuan Sabhara Polrestabes Bandung, Jalan Ahmad Yani pada Jumat (4/9/2020).

Oded diperiksa dalam kapasitasnya sebagai Anggota Banggar DPRD Kota Bandung periode 2009-2014. Saat itu, Banggar dan TPAD serta DPKAD Kota Bandung menganggarkan semula Rp 15 miliar namun berubah jadi Rp 123 miliar untuk pengadaan RTH di Kecamatan Mandalajati, Cibiru, Ujungberung dan Gedebage.

Bacaan Sholawat Nabi Muhammad SAW, Lengkap dengan 5 Manfaat Bersholawat Bagi yang Mengamalkan

Daftar Harga Hp Vivo Terbaru September 2020: Mulai Rp 1 Jutaan, Vivo Y11, Y12, V19, hingga Vivo X50

Halaman
12
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved