Breaking News:

Pandemi Corona, Mahasiswa Pilih Pulang Kampung, Bos Indekost di Jatinangor Rugi Ratusan Juta Rupiah

Pengusaha indekos atau kamar kos di Kawasan Pendidikan Jatinangor, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang kehilangan penghasilan.

tribunnews.com
Ilustrasi uang 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNCIREBON.COM, SUMEDANG - Pengusaha indekos atau kamar kos di Kawasan Pendidikan Jatinangor, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang kehilangan penghasilan hingga ratusan juta rupiah selama pandemi Covid-19.

//

Pasalnya, penghuni indekost yang didominasi mahasiswa UNPAD dan ITB itu, banyak yang pulang kampung dan tidak memperpanjang tempat indekosnya karena selama pandemi tidak ada pembelajaran tatap muka.

Pantauan Tribun Jabar, Selasa (1/6/2020), sejumlah kosan yang dekat dengan dua kampus tersebut tampak sepi dan sama sekali tidak berpenghuni, sehingga beberapa kamar di satu kosan banyak yang kosong.

Lelang Rumah di Kota Cirebon dan Bandung, Mulai Harga Rp 200 Jutaan, Cek Info Selengkapnya di Sini

Seperti di kosan Pondok Rizki Amanah 2 yang terdapat 19 kamar kost

Saat ini, sudah ditinggal para mahasiswanya, sehingga pemiliknya harus kehilangan pendapatan yang biasanya sangat menggiurkan.

Pemilik indekost Pondok Rizki Amanah 2, Suwarno (38) mengatakan, kosan yang dia miliki biasanya disewakan kepada mahasiswa dengan harga Rp 11 juta hingga Rp 11,5 juta per tahun.

Pengumuman Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya dari PDIP Rabu Siang Ini

Waspada Penipuan dan Pencurian Data Penerima Subsidi Gaji Rp 600 Ribu Mengatasnamakan BPJamsostek

"Kalau harga Rp 11 juta tanpa Wifi, tapi kalau tambah wifi bisa sampai Rp 11,5 juta hingga Rp 12 juta per tahun," ujarnya.

Artinya, jika dalam kondisi normal, Suwarno bisa mendapatkan penghasilan kurang lebih Rp 209 juta, namun selama pandemi Covid-19, penghasilan itu tidak pernah ia dapatkan lagi.

"Kalau lokasinya jauh dari jalan raya bayarannya bisa per bulan, tapi kalau yang dekat jalan kita paket per tahun," kata Suwarno.

Ia mengatakan, selama pandemi Covid-19 ini, banyak mahasiswa yang tidak memperpanjang tempat indekostnya, sehingga banyak kamar kosannya yang kosong.

Zodiak Besok, Kamis 3 September 2020: Taurus Buat Kaget Semua Orang, Cinta Menyita Waktu Virgo

"Semua mahasiswanya pada pulang kampung. Biasanya bulan Agustus banyak yang menempati kosan, tapi sampai September sekarang masih belum isi," ucapnya.

Pemilik kosan yang lain, Iin (31) juga merasakan hal yang sama. Selama pandemi Covid-19 dirinya mengalami kerugian karena banyak kamar yang tidak berpenghuni.

"Ya banyak yang kosong jadi usaha juga jadi tersendat karena banyak mahasiswa yang pulang sejak bulan Maret, katanya masuk lagi bulan Januari," ucapnya.

Editor: Mutiara Suci Erlanti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved