Breaking News:

Mahasiswa Papua di Jabar Sambangi Kantor Kemendagri Bahas Kelanjutan Otonomi Khusus

alam pertemuan dengan perwakilan Kemendagri itu, para mahasiswa ini menyoroti soal biaya kuliah mahasiswa Papua di Pulau Jawa yang dibiayai dana Otsus

TribunJabar.id/Mega Nugraha
Ilustrasi - Sekelompok mahasiswa asal Papua menggelar aksi demo di depan Gedung Merdeka Bandung menuntut kelanjutan Otonomi Khusus, Kamis (27/8/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha

 TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG - Sejumlah mahasiswa Papua di Jabar menyambangi kantor Kemendagri pada Selasa (1/9/2020).

Kedatangan mereka untuk membahas soal kelanjutan otonomi khusus (Otsus) Papua yang akan berakhir pada 2021.

Seperti diketahui, o‎tsus Papua berlaku 20 tahun setelah berlaku sejak 2001 lewat Undang-undang Nomor 21 Tahun 2001 tentang Otsus Papua. Otsus akan berakhir pada 2021.

"Ya, kemarin teman-teman mahasiswa Papua di Bandung, Bogor dan Jakarta beraudiensi dengan Kemendagri menyampaikan sejumlah aspirasi soal kelanjutan Otsus Papua," ujar Alfinides Pohowain (26), mahasiswa Papua di Bandung saat dihubungi via ponselnya, Rabu (2/9/2020).

Dalam pertemuan itu, kata dia, mahasiswa Papua ini menyampaikan sejumlah aspirasi soal perbaikan otsus. Salah satunya, evaluasi soal beasiswa mahasiswa Papua di Pulau Jawa dari dana Otsus.

"Otsus harus diaudit terutama untuk penggunaan anggarannya. Saya menyoroti pemerindah daerah, bahwa kami punya biaya kuliah dari anggaran Otsus tapi selalu terlambat," ucap dia.

Sehingga, dalam pertemuan dengan perwakilan Kemendagri itu, para mahasiswa ini menyoroti soal biaya kuliah mahasiswa Papua di Pulau Jawa yang dibiayai dana Otsus.

"Intinya kami menuntut prioritas dana Otsus untuk pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan sosial kemudian mendorong melanjutkan Otsus Papua dengan catatan harus diperbaiki," ucap dia.

Salah satu perwakilan lain yang ikut menyampaikan yakni Jefri Parepare. ‎Dia menyampaikan agar Otsus Papua dilanjutkan dengan memperhatikan berbagai aspek.

Halaman
1234
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved