Breaking News:

Blank Spot

Ratusan Kampung di Sumedang Masih Susah Sinyal Internet, Diduga karena Faktor Geografis

Sebanyak 143 dusun yang tersebar di 20 kecamatan di Kabupaten Sumedang hingga tahun 2020 ini masih blank spot atau tidak terdapat jaringan internet.

The Hindu
Ilustrasi Namitha Narayanan, mahasiswi asal India harus naik ke atap rumah untuk mengikuti kuliah online karena susah sinyal di tengah pandemi virus corona. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Sebanyak 143 dusun yang tersebar di 20 kecamatan di Kabupaten Sumedang hingga tahun 2020 ini masih blank spot atau tidak terdapat jaringan internet.

Ratusan dusun yang tidak terdapat jaringan internet itu penyebabnya disebut-sebut karena faktor geografis wilayahnya yang hingga saat ini masih sulit untuk mengjangkau jaringan internet.

Kepala Bidang Informatika, Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosanditik) Kabupaten Sumedang, Mamat Rohimat mengatakan, sebanyak 143 dusun itu kebanyakan daerahnya berada di pegunungan dan lembah.

"Karena sinyal telekomunikasi itu tidak bisa menembus gunung dan sulit juga di daerah lembah," ujarnya saat ditemui Tribun di kantor Diskominfosanditik Kabupaten Sumedang, Senin (31/8/2020).

Ia mengatakan, daerah yang blank spot jaringan internet tersebut di antaranya, di Kecamatan Wado Desa Cimungkal ada 4 dusun, Desa Ganjaresik 5 dusun, dan Desa Sukajadi 6 dusun.

Kemudian, ada di Kecamatan Jatinunggal Desa Cimanintin, Kecamatan Cibugel Desa Cibugel, Kecamatan Cisitu Desa Cimarga, Kecamatan Siturana Desa Bambayang, dan daerah yang lainnya.

"Di daerah itu ada blank spot, ada juga yang sinyal buruk dan sinya lemah. Jadi, tetap saja warganya susah untuk mengakses internet," kata Mamat.

Terkait masalah ini, pihaknya sudah berkoordinasi dengan beberapa provider terkenal.

Namun, berdasarkan hasil pemetaan, daerah itu tetap tidak bisa menjangkau internet meskipun sudah ada beberapa menara telekomunikasi.

"Ada yang dekat (menara telekomunikasi), tapi tidak terkoneksi dengan internet, tapi daerah yang jauh bisa menjangkau internet," ucapnya.

Edo Kondologit Mengamuk, Adik Ipar Tewas Dianiaya di Dalam Tahanan, Akan Tuntut Propam dan Polda

Daftar Harga Hp Oppo Akhir Agustus 2020: Mulai Rp 1 Jutaan Ada Oppo A92, A53, F11, F15 hingga Reno4

Sebetulnya, kata Mamat, provider itu bisa saja mengupayakan dengan maksimal agar daerah yang blank spot itu bisa terjangkau internet, tetapi membutuhkan anggaran biaya yang sangat besar.

"Kami sudah tawarkan ke mereka, tapi tetap perhitungannya ekonomi dan bisnis. Jadi, mereka harus mempertimbangkan dan melihat jumlah penduduk yang akan menjadi pelanggan," ujar Mamat.

Editor: Mumu Mujahidin
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved