Breaking News:

Bisnis

Melalui UMKM Siwang Binih, Mama Muda di Indramayu Ini Ingin Serap Banyak Tenaga Kerja di Desanya

Mama muda di Desa Sukadana, Kecamatan Tukdana, Kabupaten Indramayu ini berkeinginan bisa memberdayakan masyarakat setempat.

Tribuncirebon.com/Handhika Rahman
Ika Julia saat memperkenalkan Siwang Binih makanan khas pesisir yang mulai diminati pasar ekspor di rumah produksinya di Desa Sukadana, Kecamatan Tukdana, Kabupaten Indramayu, Senin (31/8/2020). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - Beragam cara banyak dilakukan semua pihak demi membantu pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan, salah satu persoalan urgen di Kabupaten Indramayu adalah minimnya lapangan pekerjaan.

//

Hal ini yang mendasari Ika Julia (30), ibu muda di Desa Sukadana, Kecamatan Tukdana, Kabupaten Indramayu ini berkeinginan bisa memberdayakan masyarakat setempat.

Ia merintis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang diberi nama Siwang Binih dengan harapan bisa memperkenalkan makanan khas masyarakat pesisir tersebut kepada publik sekaligus upaya mempekerjakan para tetangga di sekitar tempat tinggalnya.

Siwang Binih, Makanan Khas Pesisir Indramayu yang Banyak Diminati, Ribuan Pcs Diekspor ke Jepang

Ika Julia mengatakan, semakin banyaknya permintaan Siwang Binih, tenaga kerja di desa setempat yang bakal terserap pun semakin banyak.

Sekarang ini, ia sudah mempekerjakan 25-30 karyawan untuk membantu proses produksi, jumlah itu belum termasuk reseller yang ikut membantu memasarkan siwang buatannya.

"Makanya aku jadi bagaimana untuk terus berproses, lebih semangat lagi dan memotivasi diri pribadi untuk bisa banyak membuka lapangan pekerjaan khususnya di daerah sendiri," ujar dia kepada Tribuncirebon.com di rumah produksi sekaligus kediamannya, Senin (31/8/2020).

Ika Julia menjelaskan, mayoritas karyawannya adalah para purna Pekerja Migran Indonesia (PMI)/TKW yang tidak memiliki pekerjaan.

Ini Alasan Persib Bandung Pilih Tira Persikabo Sebagai Lawan Uji Coba di Stadion GBLA

Oknum Peziarah Malah Cari Nomor Judi, Kuncen Gembok Gerbang Makam Syekh Irengan & Syekh Abdul Muhyi

Di Desa Sukadana sendiri, keinginan masyarakat bekerja ke luar negeri memang cukup tinggi, termasuk mereka yang masih usia produktif dan baru lulus sekolah pun memiliki keinginan yang sama.

Halaman
12
Penulis: Handhika Rahman
Editor: Mutiara Suci Erlanti
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved