Breaking News:

Kanker Kolon Renggut Nyawa Chadwick Boseman, Ini Gejala, Penyebab, dan Cara Pengobatannya

Untuk kasus kanker kolorektal yang sudah menyebar ke hati, paru, atau indung telur, dokter dapat menjalankan prosedur bedah pengangkatan

NBC
Ilustrasi 

TRIBUNCIREBON.COM - Aktor Chadwick Boseman, pemeran Black Panther, meninggal dunia, Jumat malam waktu Amerika. Ia ditengarai mengidap kanker kolon atau usus sejak beberapa lama.

Apa dan bagaimana kanker usus yang ternyata menjadi silen killer ini? Berikut uraian yang dilansir dari alodokter.com tentang kanker kolon atau usus.

Kanker kolorektal adalah jenis kanker yang tumbuh pada usus besar (kolon), atau pada bagian paling bawah dari usus besar yang terhubung ke anus (rektum). Kanker ini bisa dinamai kanker kolon atau kanker rektum, tergantung pada lokasi tumbuhnya kanker.

kanker-kolorektal-alodokter

Kebanyakan kanker kolorektal bermula dari polip usus atau jaringan yang tumbuh di dinding dalam kolon atau rektum. Namun, tidak semua polip akan berkembang menjadi kanker kolorektal. Kemungkinan polip berubah menjadi kanker juga tergantung kepada jenis polip itu sendiri. Terdapat 2 jenis polip di usus besar, yaitu:

  • Polip adenoma. Jenis polip ini yang dapat berubah menjadi kanker, karena itu adenoma juga disebut kondisi pra kanker.
  • Polip hiperplastik. Polip jenis ini lebih sering terjadi, dan biasanya tidak menjadi kanker.

Selain tergantung pada jenis polip, ada beberapa faktor yang bisa memengaruhi perubahan polip menjadi kanker kolorektal, seperti ukuran polip yang lebih besar dari 1 cm, terdapat lebih dari 2 polip di kolon atau rektum, atau bila ditemukan displasia (sel abnormal) setelah polip diangkat.

Gejala kanker kolorektal

Gejala kanker kolorektal seringkali dirasakan oleh pasien ketika kanker sudah berkembang jauh. Jenis gejalanya tergantung kepada ukuran dan lokasi tumbuhnya kanker. Beberapa gejala yang dapat muncul, antara lain:

  • Diare atau konstipasi.
  • Buang air besar yang terasa tidak tuntas.
  • Darah pada tinja.
  • Mual.
  • Muntah.
  • Perut terasa nyeri, kram, atau kembung.
  • Tubuh mudah lelah.
  • Berat badan turun tanpa sebab yang jelas.

Segera periksakan diri ke dokter bila muncul gejala di atas. Pada tahap awal, gejala kanker kolorektal sering tidak terasa. Karena itu, pemeriksaan secara rutin patut dilakukan untuk berjaga-jaga.

Penyebab dan Faktor Risiko Kanker Kolorektal

Tumbuhnya sel-sel secara abnormal merupakan penyebab di balik semua kanker, termasuk kanker kolorektal. Namun, hingga saat ini belum diketahui secara pasti apa yang menyebabkan sel-sel tersebut berkembang secara tidak terkendali.

Halaman
1234
Editor: Machmud Mubarok
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved