Breaking News:

Pilkada Serentak 2020

Bawaslu Temukan 7 Poin yang Harus Dievaluasi KPU Dalam Proses Pemungutan Suara, Ini Penjelasannya

perihal antrean yang masih sangat panjang, para pemilih juga sulit untuk menerapkan jaga jarak.

TribunCirebon.com/Handhika Rahman
Anggota Bawaslu, Fritz Edward Siregar, Sabtu (29/8/2020). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI mengkritisi masih ditemukan beberapa poin yang harus dijadikan bahan evaluasi dalam proses pemungutan suara pada Pilkada Serentak 9 Desember 2020 mendatang.

Temuan itu didapat berdasarkan simulasi yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI di TPS 03 Kelurahan Karanganyar, Kecamatan/Kabupaten Indramayu, Sabtu (29/8/2020).

Anggota Bawaslu, Fritz Edward Siregar mengatakan, sedikitnya ada 7 poin yang ditemukan Bawaslu dalam simulasi kedua yang digelar KPU hari ini.

"Ini adalah simulasi kedua yang dilakukan oleh KPU, yang pertama dilaksanakan di kantor KPU di Jalan Imam Bonjol, tapi kita melihat tadi memang ada beberapa hal yang masih harus disiapkan lagi," ujar dia kepada Tribuncirebon.com.

Pertama, terkait pencantuman Nomor Induk Kependudukan (NIK) E-KTP yang masih ditulis secara lengkap.

"Meskipun kami tahu ini simulasi tetapi tadi NIK-nya ditulis lengkap, harusnya dalam rangka perlindugan data pribadi cukup hanya dimunculkan 5 angka saja yang dikasih bintang," ujarnya.

Kedua adalah perihal antrean yang masih sangat panjang, para pemilih juga sulit untuk menerapkan jaga jarak.

Mereka juga terlihat menumpuk saat mengantre baik di luar maupun di dalam TPS. Ini harus menjadi catatan penting bagi KPU untuk menghindari terjadinya cluster penyebaran Covid-19.

Ketiga, terkait fasilitas cuci tangan. Meski sudah disediakan, namun tidak ada petugas yang mengajak agar pemilih mencuci tangannya saat tiba di TPS.

Halaman
12
Penulis: Handhika Rahman
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved