Breaking News:

Pencemaran Limbah Kotoran Hewan Sudah Masuk Sukamukti, Pemda Kuningan Klaim Sudah Lakukan Penanganan

Pencemaran limbah kotoran hewan dari sejumlah peternak sapi di Kelurahan Cipari, Kecematan Cigugur, kini sudah masuk ke lingkungan di Desa Sukamukti

Ahmad Ripai/Tribuncirebon.com
kegiatan peternak dan warga bersih bersih kotoran hewan yang menyumbat saluran irigasi di Kelurhan Cipari 

Laporan kontibutor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN - Pencemaran limbah kotoran hewan dari sejumlah peternak sapi di Kelurahan Cipari, Kecematan Cigugur, kini sudah masuk ke lingkungan di Desa Sukamukti, Kecamatan Jalaksana, Kuningan.

//

"Iya saya sudah dapat laporan langsung, pencemaran limbah sudah masuk ke pemukiman Desa Sukamukti," kata Sekretaris Pemerintah Daerah Kuningan, H Dian Rahmat Yanuar, saat ditemui usai kegiatan di Pendopo, lingkungan Setda Kuningan, Jum'at (28/8/2020).

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Kuningan bersikap serius dalam mengatasi kasus limbah kotoran hewan di sejumlah daerah.

Vaksin Corona Gratis untuk Peserta BPJS Kesehatan, Vaksin Massal Dilakukan Awal 2021

"Terutama untuk orang pengendalian terhadap peternak sapi dan hewan ternak lainnya, sebagai produksi daging," kata Dian Rahmat Yanuar.

Penangannya, kata Dian, kasus limbah kotoran hewan, hingga sekarang terus dilakukan penangan melalui berbagai pengolahannya.

"Tindakan pengolahan mulai untuk pembuatan bungkus telur, buat pupuk kompos dan pembuatan breaket atau sebagai komposisi untuk bahan bakar," kata Dian.

Lowongan Kerja BUMN Terbaru di PT Telkom Indonesia, Butuh Karyawan Baru untuk di 12 Posisi Ini

Suami Nekat Bakar Rumah, Istri yang Tertidur Pulas Hampir Terbakar, Rumah Tetangga Ikut Terlalap Api

Disamping itu, kata Dian, leading sektor dalam pemantauan dan penanganannya, juga sudah dilakukan kerjasama antar dinas.

"Kami sudah berkali - kali untuk melakukan pengolahan limbah tersebut, dan memberikan bentuk penyadaran kepada peternak," katanya.

Halaman
12
Penulis: Ahmad Ripai
Editor: Mutiara Suci Erlanti
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved