Breaking News:

Virus Corona Mewabah

Disuntik Vaksin Corona, Ridwan Kamil Langsung Merasa Lapar dan Ngantuk, Awalnya Mati Rasa

Sebagai bentuk keputusasaan, ISSINDO memilih membagikan hasil pertanian kepada warga yang melintas di depan Gedung Sate.

Tribun Jabar/Nazmi Abdurahman
Gubernur Jabar Ridwan Kamil seusai menjalani penyuntikan sebagai relawan uji klinis vaksin Covid-19 di Puskesmas Garuda, Kota Bandung, Jumat (28/8). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG - Ikatan Saudagar Santri Indonesia (ISSINDO) membagikan hasil pertanian dan perkebunan di depan Gedung Sate dan Kantor DPRD Provinsi Jawa Barat, Jumat (28/8/2020).

Aksi tersebut dilakukan karena dagangan berupa hasil bumi ini tidak laku terjual akibat pandemi Covid-19 yang berkepanjangan.

Para peserta aksi yang merupakan para pedagang komoditas pertanian itu mengatakan pandemi Covid-19 benar-benar telah melemahkan sendi-sendi perekonomian rakyat.

Akibatnya, komoditas pertanian seperti sayuran dan palawija tidak mampu sepenuhnya dibeli masyarakat karena melemahnya daya beli masyarakat.

"Wabah Covid 19 benar-benar telah mengakibatkan kurangnya daya beli masyarakat. Komoditas yang dijual tidak laku, harga komoditas drastis menurun," ujar Asep, koordinator aksi tersebut.

Tidak stabilnya harga komoditas baik sayuran, rempah, dan buah-buahan, katanya, mengakibatkan penurunan jumlah pembeli.

Masalah tersebut tidak hanya berdampak terhadap pedagang, tetapi juga kepada para petani.

"Petani kecil sangat merasakan dampaknya. Pembelian komoditas pertanian menurun diperparah dengan anjloknya harga," ujarnya.

Asep mengataman para pelaku usaha saat ini nyaris putus asa dalam melakukan aktivitas usaha perdagangan produk hasil bumi.

Halaman
12
Editor: Fauzie Pradita Abbas
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved