Breaking News:

Akibat Ilegal Ahli Waris PMI yang Meninggal di Arab Saudi Kehilangan Santunan Ratusan Juta

Dengan rincian, besaran santunan bagi PMI yang meninggal dunia di luar negeri maka diterima oleh ahli warisnya sebanyak Rp 85 juta.

Tribuncirebon.com/Handhika Rahman
Ketua Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) Cabang Indramayu, Juwarih, Selasa (10/3/2020). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - Keluarga atau ahli waris dari Wastinih (40), Pekerja Migran Indonesia (PMI)/TKW tidak bisa mendapat santunan yang dicover pemerintah melalui BPJS Kesehatan.

Wastinih sendiri diketahui merupakan PMI asal Desa Pondoh, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu yang meninggal dunia di Arab Saudi pada 9 Agustus 2020 pukul 07.28 waktu setempat.

Ketua Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) Cabang Indramayu, Juwarih mengatakan, karena direkrut secara ilegal santunan yang besarannya mencapai Rp 108 juta tersebut tidak bisa diklaimkan pihak keluarga.

Naswan (43) saat menunjukan foto adiknya Wastinih (40) yang meninggal dunia di Saudi Arabia di kediamannya di Desa Pondoh, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu, Kamis (27/8/2020).
Naswan (43) saat menunjukan foto adiknya Wastinih (40) yang meninggal dunia di Saudi Arabia di kediamannya di Desa Pondoh, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu, Kamis (27/8/2020). (Handhika Rahman/Tribuncirebon.com)

“Karena almarhumah diberangkatkan secara unprosedural atau ilegal ke Arab Saudi oleh pihak sponsor atau pihak perekrut akibatnya ahli waris Wastinih tidak mendapatkan uang santunan sebesar Rp 108 juta dari BPJS Ketenagakerjaan," ujar dia kepada Tribuncirebon.com, Jumat (28/8/2020).

Juwarih menjelaskan, peraturan tersebut sudah diatur dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan RI nomor 18 tahun 2018,(Permenaker 18/2018), Tentang Jaminan Sosial Pekerja Migran Indonesia.

Di sana diterangkan BPJS Ketenagakerjaan akan mengcover program Jaminan Kematian (JKM) bagi PMI yang meninggal di luar negeri jika statusnya resmi.

Dengan rincian, besaran santunan bagi PMI yang meninggal dunia di luar negeri maka diterima oleh ahli warisnya sebanyak Rp 85 juta.

Jika PMI bekerja pada perseorangan (PRT) maka ada tambahan santunan kematian, santunan berkala dan santunan pemakaman sebesar Rp 23 juta.

SBMI Indramayu Minta Pemerintah Terapkan Sanksi Hukum Bagi Sponsor Ilegal

Anak Siram Ibu Kandung dengan Air Panas Lantaran Kesal Dilarang Rujuk dengan Mantan Suami

Sehingga total yang seharusnya diterima, yakni sebesar Rp 108 juta.

Halaman
1234
Penulis: Handhika Rahman
Editor: Mumu Mujahidin
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved