Breaking News:

Sosialisasi Anti Berita Hoaks, Siswa SMK Auto Matsuda Diminta Lebih Bijak Memakai Media Sosial

Media sosial memiliki peranan terbesar dalam penyebaran informasi menyesatkan alias berita hoaks ini

Istimewa
Pembicara Abdul Jalil Hermawan saat menyampaikan materi tentang ilmu komunikasi dan ancaman berita bohong alias hoaks, Rabu (19/8/2020). 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN - Sedikitnya 30 siswa SMK Auto Matsuda Kuningan mengikuti kegiatan sosialisasi anti berita hoaks, Rabu (19/8/2020).

Kegiatan yang digelar bekerja sama dengan Lembaga Pengabdian Masyarakat (PKM) Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Cirebon bertujuan agar siswa bisa mengidentifikasi kabar bohong. Saat ini, penyebaran berita hoaks atau berita bohong masih menjadi ancaman serius.

"Acara yang digelar di SMK Auto Matsuda ini melibatkan lebih dari 30 siswa. Kemudian, dalam acara ini hadir sebagai pembicara Abdu Jalil Hermawan selaku dosen ilmu Komunikasi Universitas Gunung Jati Cirebon," kata Kepala SMK Auto Matsuda Suharto MPd di sela kegiatan, Rabu (19/8/2020).

Suharto M.Pd menyambut baik acara tersebut. Karena sosialisasi tersebut bisa menjadi pembekalan bagi siswa untuk lebih bijak menggunakan media sosial.

"Pengetahun bisa membedakan mana berita hoaks mana berita yang benar ini sangat penting dimiliki para siswa. Apalagi nyaris semua siswa menggunakan media sosial. Siswa harus lebih bisa menggunakan media sosialnya dengan lebih terukur dan bijak," katanya.

Di tempat sama Abdul Jalil Hermawan mengatakan, bahawa intensitas penyebaran berita hoaxks bukannya menyusut malah semakin tinggi.

"Media sosial memiliki peranan terbesar dalam penyebaran informasi menyesatkan alias berita hoaks ini," kata Jalil yang juga Komisioner Bawaslu Kuningan.

Selanjutnya, masih kata Jalil, aplikasi percakapan whatsapp. Porsinya mencapai lebih dari 80 persen sumber hoaks dari medsos. 

"Mengutip data yang dikeluarkan oleh Masyarakat Telematika Indonesia tahun 2019, berita hoaks juga masih ditemukan dalam media media maisntream seperti situs berita, televisi, media cetak dan radio," ungkapnya.

Segera Cek Namamu! 12 Juta Rekening Calon Penerima BLT Rp 600 Ribu Terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan

12 Juta Rekening Calon Penerima BLT Rp 600 Ribu Sudah Terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan, Cek Namamu

BLT Rp 600 Ribu Bagi Karyawan Cair 25 Agustus 2020, Begini Cara Cek Namamu di BPJS Ketenagakerjaan

Halaman
1234
Penulis: Ahmad Ripai
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved