Breaking News:

Karhutla di Gunung Ciremai

Penyebab Kebakaran Hutan di Gunung Ciremai Harus Diungkap, Ini Alasannya Menurut Pegiat Lingkungan

Dari penelitian yang pernah dilakukannya beberapa tahun silam, juga tidak begitu yakin jika puntung rokok dituding jadi penyebab kebakaran hutan dan l

Istimewa
Seorang anggota TNI berupaya memadamkan api yang membakar hutan dan lahan di Gunung Ciremai, Senin (17/8/2020). 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN - Kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di dekat Gunung Ciremai harus diketahui penyebabnya. Jika penyebabnya adalah manusia harus ada hukuman terhadap pelaku.

Menurut pemerhati lingkungan di Kabupaten Kuningan, Nanang Subarnas, kebakaran hutan dan lahan di musim kemarau, yang sering terjadi pasti ada penyebabnya.

"Dalam ilmu tentang kebakaran hutan yang pernah saya pelajari, untuk terjadi kebakaran itu harus ada tiga unsur yang lengkap sehingga bisa terjadi kebakaran, " ungkap Nanang, saat ditemui di rumahnya, Desa Purwasari, Kecamatan Garawangi, Kuningan, Senin (17/08) malam.

Ketiga unsur penyebab kebakaran itu, sebutnya, adalah adanya sumber panas (api), bahan bakar, dan udara. "Jika salah satu dari ketiganya tidak ada, maka kebakaran tidak akan terjadi," katanya.

Nanang mengaku tidak sepenuhnya percaya kebakaran hutan dan lahan bisa terjadi secara alami.

"Pasti ada unsur penyebab, misalkan saja manusia, yang menimbulkan sumber api," ujarnya.

Ada kemungkinan besar unsur keterlibatan manusia, kata dia, bisa saja seseorang yang melempar korek api menyala, bekas pembakaran, atau sumber api lain dari aktifitas manusia.

"Dari penelitian yang pernah dilakukannya beberapa tahun silam, juga tidak begitu yakin jika puntung rokok dituding jadi penyebab kebakaran hutan dan lahan kering," katanya.

Dosen pembimbing, kata Nanang, waktu itu Guru Besar IPB pakar kebakaran hutan dan lahan, Pak Professor Bambang Hero.

Halaman
1234
Penulis: Ahmad Ripai
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved