Breaking News:

Penjaga Pantai Malaysia Tembak Mati Seorang Nelayan Vietnam

Perebutan wilayah laut yang menjadi jalur pelayaran penting dan mencakup daerah kaya ikan ini, menjadikannya sangat rawan konflik.

istimewa
Ilustrasi - Penembakan 

TRIBUNCIREBON.COM - Penjaga pantai Malaysia menembak mati seorang nelayan Vietnam, yang kapalnya mencoba menabrak kapal patroli, di Laut Cina Selatan.

//

Insiden itu dilaporkan pihak berwenang pada Senin (17/8), sebagaimana diwartakan kantor berita AFP.

Penembakan itu terjadi di perairan Malaysia, di mana nelayan setempat pernah mengeluhkan kapal nelayan Vietnam yang merusak jala mereka.

Penjaga pantai Zubil Mat Som mengatakan kepada AFP, dua kapal nelayan Vietnam memasuki perairan Malaysia sekitar 128,7 kilometer dari Tok Bali, di lepas pantai timur laut Negara Bagian Kelantan, Minggu (16/8) malam.

"Awak penjaga pantai sebelumnya melepaskan tembakan peringatan ke udara, tetapi setelah mereka menabrak dan melemparkan sebotol bensin, anak buah saya tidak punya pilihan selain menembaknya untuk membela diri," ujar Zubil.

Zubil menuduh kru kapal Vietnam melempar bensin dan ban, untuk coba membakar kapal penjaga pantai yang rusak akibat "benturan agresif".

Menurut Zubil, nelayan Vietnam itu menderita luka tembak dan dinyatakan meninggal setelah dibawa ke pantai. "Kami sedih dengan kejadian mematikan ini. Tapi saya bisa menjamin anak buah saya mengambil tindakan ini untuk melindungi nyawa mereka dan untuk melindungi kedaulatan nasional kami," katanya.

Kapal Vietnam dengan 20 awak sisanya kemudian ditarik ke dermaga oleh penjaga pantai. Sebagian wilayah Laut Cina Selatan diperebutkan oleh Brunei, Malaysia, Filipina, Taiwan dan Vietnam. Cina bahkan mengklaim seluruh jalur perairan itu.

Perebutan wilayah laut yang menjadi jalur pelayaran penting dan mencakup daerah kaya ikan ini, menjadikannya sangat rawan konflik.

Amerika Serikat meski bukan penggugat, mengirimkan kapal-kapal patrolinya ke perairan internasional di sana, tapi Cina mengecamnya sebagai campur tangan urusan regional. Pada Februari Kuala Lumpur berusaha mencapai kesepakatan dengan Hanoi untuk mengakhiri dugaan intrusi kapal Vietnam ke perairan Malaysia.

Editor: Fauzie Pradita Abbas
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved