Breaking News:

Peringatan HUT ke 75 RI

Bertaruh Nyawa, Pemanjat Bentangkan Kain Merah Putih Raksasa di Tebing Gunung Kecapi Setinggi 500 M

pemasangan bendera ini bisa selesai dalam satu hari, tetapi pihaknya selama di atas tebing terkendala cuaca buruk

Editor: Machmud Mubarok
TribunJabar.id/Hilman Kamaludin
Para pemanjat tebing Sumedang memasang kain merah putih berukuran 27 meter kali 3 meter di tebing puncak Gunung Kacapi untuk memperingati HUT ke-75 RI, Senin (17/8/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNCIREBON.COM, SUMEDANG -  Sebuah bendera merah putih berukuran sangat besar terbentang  di Puncak Gunung Kecapi, Desa Kebonjati, Kecamatan Sumedang Utara, tepat pada peringatan HUT Ke-75 RI Kabupaten Sumedang, Senin (17/8/2020).

Pantauan Tribun Jabar, bendera merah putih yang berkibar di atas ketinggian itu bisa terlihat jelas dari jarak sekitar lima hingga enam kilometer karena ukurannya sangat panjang dan besar.

Bahkan, bendera ini disebut-sebut menjadi bendera terpanjang dan terbesar yang dibentangkan saat peringatan HUT Ke-75 RI di Kabupaten Sumedang hingga bisa menarik perhatian sejumlah warga, baik yang hanya melintas maupun warga setempat.

Pemasangan bendera sepanjang 27 meter dan lebar tiga meter ini dilakukan oleh pegiat panjat tebing dan karang taruna Kabupaten Sumedang selama dua hari karena tak mudah untuk membuat bendera tersebut terbentang di atas tebing yang tinggi.

Untuk memasang bendera tersebut, penggiat panjat tebing harus bersusah payah, bahkan bertaruh nyawa karena Puncak Gunung Kecapi memiliki ketinggian 500 meter di atas permukaan laut (MDPL) dan track-nya pun sangat curam dan terjal.

Daftar Harga Hp Oppo Agustus 2020, Mulai Rp 1 Jutaan A5, A9, A12, F11, F15, Reno 3 hingga Reno 4

Emak-emak Bonceng 2 Anak Naik Motor, Terobos Lampu Merah, Anaknya Tewas Tergilas Truk, Emak Selamat

BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Selasa, 18 Agustus 2020: Jabar Potensi Hujan dan Angin

"Awalnya, kami diajak Pak Kuwu untuk memasang bendera merah putih yang panjangnya 27 meter dan lebar tiga meter di Gunung Kecapi," ujar Bey Abdurrahman, pegiat panjat tebing yang turut memasang bendera besar tersebut.

Ia mengatakan, setelah ada ajakan itu pihaknya langsung melakukan persiapan sejak Jumat yang dimulai dari survei ke lokasi untuk menentukan titik pembentangan bendera di Tebing Puncak Gunung Kecapi.

Kemudian, pada Sabtu timnya itu mulai melakukan pemasangan dan bisa selesai pada Minggu sore, sehingga tepat pada peringatan HUT Ke-75 RI ini, bendera itu sudah bisa terbentang dengan indah.

"Pemasangannya dilakukan empat hingga lima orang tim teknis, tapi banyak teman-teman yang bantu dari Karang Taruna Linggajati, Madrakala, SMK Pemuda dan masyarakat," kata pria yang akrab disapa Uwa Bey ini.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved