Breaking News:

Video

VIDEO - Seluruh Kepala Dinas dan Camat Se-Majalengka Dites Swab, Ketahuan Positif Diisolasi Mandiri

sesuai instruksi Bupati, kami mendukung dengan diadakannya tes swab. Karena, membuat diri kita tenang, dan juga kami bisa lebih berhati-hati

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto
TRIBUNCIREBON.COM, MAJALENGKA - Menyusul terus meningkatnya kasus terkonfimasi positif Covid-19 di Kabupaten Majalengka dalam beberapa pekan terakhir, buat Bupati Majalengka menginstruksikan seluruh Kepala OPD dan Camat se-Majalengka melakukan tes swab.
Tes swab sendiri dilaksanakan di lapangan tenis Sekretariat Daerah (Setda) dengan diikuti sedikitnya 50 orang.
Secara bergantian, seluruh Kepala OPD dan para Camat mengantre untuk mendapatkan panggilan.
Sembari menunggu, tampak sejumlah peserta ada yang menyikapinya dengan santai.
Namun, tak sedikit juga menampakkan ketegangannya untuk mendapatkan giliran uji usap tersebut.
 
Salah satu peserta tes swab, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Majalengka, Iman Firmansyah mengatakan, pihaknya sangat mendukung dengan adanya kegiatan tes swab kepada para OPD.
Menurutnya, hal itu untuk memberi contoh kepada para pegawai di setiap dinas, bahwa virus corona itu harus dilawan bukan ditakutkan.
"Alhamdulilah, sesuai instruksi Bupati, kami mendukung dengan diadakannya tes swab. Karena, membuat diri kita tenang, dan juga kami bisa lebih berhati-hati, serta bisa memberi contoh teladan kepada yang lainnya, terutama di dinas kami," ujar Iman selepas dites swab, Jumat (14/8/2020).
Dirinya pun mengucapkan terima kasih kepada Bupati, lantaran telah memfasilitasi demi keamanan kesehatan di lingkungan dinas.
"Saya mengucapkan terima kasih kepada Bupati Majalengka dan reng-rengannya, telah mengadakan tes swab untuk kami terutama para Kepala Dinas. Ini juga bisa memberikan rasa tenang terhadap melayani masyarakat ke depannya.
Saya tidak khawatir, tapi kalau memang terpapar tinggal isolasi mandiri saja 14 hari," ucapnya.
Kepala Dinas lainnya, Lilis Yuliasih menyampaikan dukungannya terhadap program Bupati Majalengka yang menyisir pejabat di lingkungan Pemda Majalengka untuk dites swab.
Menurutnya, dengan kegiatan tersebut masyarakat bisa mengetahui bahwa di lingkungan dinas dalam keadaan sehat.
"Mendukung sekali, karena ini bentuk perhatian Bupati terkait kita para Kepala OPD. Sehingga, diharapkan dengan adanya swab ini masyarakat bisa mengetahui bahwa di lingkungan dinas dalam keadaan sehat. Dengan demikian, bisa menjalan tugas sesuai dengan apa yang kita emban selama ini untuk masyarakat Majalengka," jelas Lilis yang menjabat sebagai Kepala Dinas Parbud tersebut.
Sementara, Bupati Majalengka, Karna Sobahi mengatakan perlindungan dan pelayanan harus diberikan kepada para Kepala OPD dan Camat sebagai pengambil kebijakan.
Setiap tahun, pihaknya menganggarkan check up kesehatan kepada para pejabat, supaya mengetahui kondisi dan derajat kesehatan para jajarannya.
"Kali ini, terkait kondisi Covid-19 kami pun ada kewajiban kepada mereka untuk melindungi, jangan sampai ada terindikasi terhadap para pejabat tersebut," kata Karna.
Sebelum melaksanakan kegiatan tersebut, jelas dia, pihaknya sudah memberi arahan agar pelaksanaan tes swab ini dilakukan dengan tenang.
Jangan takut dan harus apa adanya merupakan kalimat yang terus dilontarkan oleh orang nomor satu di Kabupaten Majalengka tersebut.
"Kami sudah memberi arahan kepada mereka, karena ini harus dilaksanakan apa adanya, jangan takut. Kalaupun nanti terjadi terkonfirmasi positif Covid-19, jangan takut. Bisa langsung isolasi mandiri selama 14 hari," tuturnya.
TONTON VIDEO DI SINI
Penulis: Eki Yulianto
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved