Breaking News:

Punya Keluhan Asam Lambung? Hati-hati, Desakan Gas Asam Bisa Bikin Jatung Berdebar

Dia mengatakan, penyakit asam lambung menyebabkan lambung seseorang berisi gas dalam jumlah yang berlebih.

(Shutterstock)
Ilustrasi serangan jantung 

TRIBUNCIREBON.COM - Lambung dan jantung adalah dua organ yang posisinya berdekatan. Itulah mengapa orang kerap kebingungan membedakan gejala sakit lambung dan penyakit jantung.

Beberapa orang bahkan kerap merasakan deg-degan ketika asam lambungnya naik. Tapi, benarkah asam lambung naik bisa menyebabkan jantung berdebar?

Penyakit asam lambung adalah kondisi yang disebabkan asam lambung naik dari perut ke kerongkongan. Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah sekaligus Konsultan Kardiologi Intervensi dan Konsultan Elektrifisiologi dr. Ignatius Yansen NG., SP.JP (K), FIHA memberi penjelasan.

Dia mengatakan, penyakit asam lambung menyebabkan lambung seseorang berisi gas dalam jumlah yang berlebih.

Ketika kondisi itu terjadi, lambung akan mengembang dan posisinya yang bersebelahan dengan jantung membuat lambung terkadang dapat memberi desakan ke jantung. 

Pep Guardiola Ngomong Begini Setelah Bawa Manchester City Singkirkan Real Madrid dari Liga Champions

Suntik Vaksin Corona Buatan China, Targetnya 1.620 Orang, Kini Baru 800 Relawan yang Berani Daftar

Puluhan Kereta Milik PT KAI Daop 3 Cirebon Tidak Beroperasi Selama Lebih dari 4 Bulan

"Sehingga kadang kala suka ada sensasi berdebar atau rasa tidak nyaman di dada. Makanya pasien dengan keluhan lambung sama keluhannya dengan pasien jantung." Demikian diungkapkan dr. Yansen dalam Live Instagram bersama Eka Hospital Bekasi, Jumat (7/8/2020).

Oleh karena itu, dr. Yansen mengingatkan agar orang-orang yang mengalami keluhan di lambung untuk tetap waspada.

Sebab, bukan tak mungkin keluhan tersebut mengarah pada penyakit jantung. Terutama jika keluhan dialami orang tua yang memiliki beberapa faktor risiko penyakit jantung, seperti darah tinggi dan kencing manis dan kolesterol.

Dr. Yansen menambahkan, banyak pasien penyakit jantung datang ke dokter dengan keluhan lambung.

Untuk itu, disarankan untuk melakukan pemeriksaan fisik dan elektrokardiogram (EKG) untuk mengetahuinya secara lebih akurat.

"Jadi kalau punya keluhan lambung atau orang tua yang punya risiko darah tinggi kemudian kencing manis, dan lainnya harus khawatir." "Jangan-jangan tidak sesederhana penyakit lambung tapi ternyata keluhan serangan jantung," kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Asam Lambung Naik Bisa Sebabkan Jantung Berdebar, Benarkah?", Klik untuk baca: https://lifestyle.kompas.com/read/2020/08/08/120000220/asam-lambung-naik-bisa-sebabkan-jantung-berdebar-benarkah-?page=all#page2.
Penulis : Nabilla Tashandra
Editor : Glori K. Wadrianto

Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://bit.ly/3g85pkA
iOS: https://apple.co/3hXWJ0L

Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved