Breaking News:

Video

VIDEO - Kemarau Datang, Ketinggian Air Waduk Darma Kuningan Berkurang 6 Cm Per Hari

Mengenai pembukaan pintu air, kata Iyan, untuk kebutuhan masyarakat Kuningan dan Cirebon sudah terjadwal sesuai dengan periodenya.

Kontributor Tribuncirebon.com/Ahmad Ripai
Wahana perahu di Objek Wisata Waduk Darma, Kuningan kini bisa dinikmati para pengunjung untuk berkeliling menikmati wisata perairan di sana. 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN - Memasuki musim kering atau kemarau, sejumlah daerah di Kabupaten Kuningan mulai kekurangan persediaan air. Bahkan ada daerah yang sangat minim persediaannya.

Terlebih kebutuhan air, kebanyakan dipergunakan masyarakat daerah ini, untuk mengairi lahan persawahan yang mereka garap.

Menindaklanjut persoalan di sejumlah daerah Kabupaten Kuningan mengenai pasokan air, Petugas Operasi Pinti Air Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cisanggarung, Iyan Hidayat mengatakan, untuk pendisribusian air dalam mengatasi kekeringan terjadi di sejumlah daerah.

"Dalam setiap hari, volume air Waduk Darma mengalami penurunan hingga sebanyak 3 meter kubik dalam setiap detik," kata Iyan saat ditemui di kantor BBWS saat ditemui di lingkungan kantor setempat, yang terletak di Desa /Kecamatan Darma, disela tugasnya sebagai penjaga pintu air di kawasan Waduk Darma tadi, Kamis (6/8/2020).

 BOCORAN Spesifikasi dan Harga HP Oppo Reno 4 dan Reno 4 Pro, Akan Rilis Kamis 6 Agustus 2020

 Ridwan Kamil Berencana Bentuk Tim Khusus Seperti Kopassus, untuk Lacak Kontak Erat Pasien Covid-19

 Identitas Mayat Penuh Luka Tembak di Purwakarta Akhirnya Terungkap, Siapa Orang yang Menembaknya?

Iyan mengatakan, kalkulasi setiap hari penurunan ketinggian itu sekita 6 cm.

"Sehingga jumlah volume air, jika dikalkulasikan setiap harinya itu, ada sekitar 1 juta meter kubik air yang keluar dari Waduk Darma. Jumlah terakhir dihitung bahwa volume air, sekarang kisaran 27 juta meter kubik, ," katanya.

Mengenai pembukaan pintu air, kata Iyan, untuk kebutuhan masyarakat Kuningan dan Cirebon sudah terjadwal sesuai dengan periodenya.

Menyinggung pendangkalan di Waduk Darma, Iyan mengatakan, setiap tahunnya memang mengalami sendimentasi atau penumpukan lumpur terjadi di dasar perairan waduk ini.

"Pengukuran biasanya dilakukan lima tahun sekali dan terakhir, jumlah volume air akibat terjadi pendangkalan, saat ini sekitar 37 juta meter kubik," katanya.

Iyan mengatakan, kebiasaan dalam buka tutup pintu air memang kerap dilakukan musim kekeringan saat ini.

"Namun sebaliknya, jika musim hujan itu tidak kami lakukan sama sekali dan kami tutup saja pintu air," katanya.

TONTON VIDEO DI SINI

Penulis: Ahmad Ripai
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved