Breaking News:

Pamer Foto di FB Lagi di Pos 5 Gunung Slamet, Bapak & Anak Ini Diblacklist Tak Boleh Mendaki 2 Tahun

Kedua orang ini datang (ke Pos Bambangan) bilangnya mau camping di bawah pos 1, tapi ternyata tahu-tahu tanpa izin naik lewat jalur pendakian

Kompas.com
Ilustrasi Gunung Slamet. 

TRIBUNCIREBON.COM - Bapak dan anak asal Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, dijatuhi sanksi larangan mendaki Gunung Slamet selama dua tahun.

Pasalnya keduanya diketahui nekat mendaki meski status gunung tersebut masih dalam level II (waspada).

Junior Manager Bisnis Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banyumas Timur, Sugito, mengatakan keduanya mendaki Gunung Slamet melalui jalur Bambangan, Kabupaten Purbalingga pada 12 Juli 2020.

"Intinya sudah diedukasi oleh pengelola, tapi nyerobot naik. Begitu turun, dicek datanya dan dilaporkan kepada kami minta untuk di- blacklist," kata Sugito saat dihubungi, Rabu (5/8/2020).

Dalam surat blacklist tertanggal 3 Agustus 2020 yang diterima Kompas.com, bapak dan anak tersebut dilarang mendaki Gunung Slamet melalui jalur mana pun di wilayah KPH Banyumas Timur selama dua tahun.

Kisah Lucu Mak Adis, Awalnya Sewot Akhirnya Ngakak, Bersih Hati yang Membawa Berkah

Kisah Pahit Cewek PL Karaoke di Bandung: Tak Punya Uang untuk Makan, Anak Kelaparan, Diusir dari Kos

FOTO Ini Perlihatkan Kehancuran Beirut, Luluh Lantak dan Mengerikan, Lebih Buruk dari Perang Saudara

"Di wilayah KPH Banyumas Timur ini ada tiga jalur pendakian, yaitu Baturraden (Kabupaten Banyumas, jalur Gunung Malang dan Bambangan (keduanya di Kabupaten Purbalingga)," jelas Sugito

Lebih lanjut Sugito mengatakan, pihaknya menutup seluruh jalur pendakian sejak Agustus 2019 karena adanya peningkatan aktivitas Gunung Slamet

"Untuk lokasi camping yang dalam radius aman, 2 kilometer dari atas, kami bolehkan," jelas Sugito.

Pendakian melalui jalur Bambangan, kata Sugito, hanya dibolehkan hingga View Slamet yang berada di bawah pos 1 pendakian. Sedangkan di jalur Gunungmalang, pendakian hanya diperbolehkan hingga Wadas Gantung atau di pos 1 pendakian.

Unggah Foto di Facebook

Halaman
1234
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved