Breaking News:

Kesehatan

Waduh, Pakai Masker Ternyata Bisa Bikin Wajah Jadi Gampang Jerawatan, Tenang, Ini Cara Mencegahnya

Apalagi kalau memiliki jenis kulit berminyak dr. Radha sangat menyarankan untuk membawa lebih dari satu masker.

Istimewa
Ilustrasi wanita berjerawat 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNCIREON.COM, JAKARTA - Kebiasaan baru memakai masker di mana pun dan kapanpun untuk mencegah covid-19, rupanya berpotensi menimbulkan jerawat di bagian wajah.

Dokter Spesialis Kulit, dr. Radha Latifah Hanum Siregar, M.Ked (DV) menjelaskan pemakaian masker memang membuat penumpukan keringat penyebab jerawat.

Maka, disarankan kalau harus beraktivitas lama di luar rumah sebaiknya membawa masker cadangan, jadi kalau merasa masker sudah lembab segera diganti.

Apalagi kalau memiliki jenis kulit berminyak dr. Radha sangat menyarankan untuk membawa lebih dari satu masker.

"Efek masker jerawat mungkin saja terutama kalau memiliki riwayat muka berjerawat dan minyak berlebih ganti masker lebih dari sekali," ungkap dr. Radha, saat live bersama PPKS, Kamis (30/7/2020).

Kemudian untuk mencegah jerawat disarankan di masa pandemi ini tidak menggunakan makeup yang berlebihan dulu.

Pakai produk yang utama saja saat keluar rumah seperti sunblock dan pelembab atau fokus di makeup di bagian yang tidak tertutup masker.

"Saat aktivitas diluar gak usah dulu deh makeupan, pakai sunlcok dan pelembab aja dulu, takutnya menyumbat pori-pori," kata dr. Radha.

Sebelumnya Dermatologist dr. Felicia Henrica, SpKK juga menyarankan pilih makser yang pas dengan ukuran wajah karena kalau kekecilan bisa membuat permasalahan kulit.

"Kalau ngepas banget terjadi gesekan nah gesekan ini bisa menimbulkan jerawat," ucap dr. Felicia saat live di akun Skinnaire, Kamis (21/5/2020).

Editor: Fauzie Pradita Abbas
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved