Breaking News:

Idul Adha

Ini Panduan Pelaksanaan Shalat Idul Adha dan Penyembelihan Hewan Kurban di Majalengka

Pelaksanaan salat Ied dan penyembelihan hewan qurban saat Idul Adha tetap mengacu kepada protokol kesehatan

Tribuncirebon.com/Eki Yulianto
Bupati Majalengka, Karna Sobahi 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto

TRIBUNCIREBON.COM, MAJALENGKA- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Majalengka telah mengeluarkan surat edaran perihal protokol kesehatan dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 2020.

Pelaksanaan salat Ied dan penyembelihan hewan kurban saat Idul Adha tetap mengacu kepada protokol kesehatan (Prokes) guna mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19.

Istilah Fetish Jadi Perbincangan Setelah Pria Bernama Gilang Viral, Apa Artinya? Ini Penjelasannya

Bupati Majalengka,  Karna Sobahi, telah keluarkan surat edaran nomor 444.1/11/2/kesra, tentang peningkatan kewaspadaan terhadap ancaman pandemi Covid-19, dalam rangka menyambut Idul Adha 1441 Hijriah.

Dalam surat edaran tersebut berisi tentang menyikapi perkembangan kasus Covid-19 di Kabupaten Majalengka yang mana mengalami peningkatan signifikan hingga saat ini.

"Maka kami intruksikan kembali beberapa tindakan antisipatif bagi seluruh warga masyarakat," ujar Karna saat ditemui di pendopo, Kamis (30/7/2020).

Daging Kurban Mau Dimasak Apa? Bikin Sate Maranggi Khas Purwakarta atau Cianjur Saja, Nih Resepnya

Dalam surat edaran tersebut, pelaksanaan salat Idul Adha dan ibadah kurban yakni dengan memperketat pelaksanaan protokol kesehatan, mempersingkat khutbah Ied dan meniadakan muhasfahah.

Ada juga, DKM menyediakan kotak infak pada tempat tertentu dan mengelilingkannya.

Kemudian, Pemerintah Kabupaten Majalengka, mengimbau masyarakat untuk memakai perlengkapan steril dalam penyembelihan hewan kurban, mencegah kerumunan massa saat penyembelihan hewan qurban, dan pendistribusian daging qurban dilakukan panitia kurban ke rumah masing-masing penerima.

Masyarakat Kabupaten Majalengka juga diwajibkan untuk mengenakan masker dalam setiap aktivitas di ruang publik, dan tidak mendekati tempat-tempat umum, baik tempat perbelanjaan maupun tempat hiburan dengan kerumunan yang padat.

Menjelang Idul Adha, Satlantas Polres Cirebon Kota Semprot Disinfektan di Terminal Harjamukti

"Silakan melakukan aktivitas. Tetapi, harus ikuti protokol kesehatan seperti physical distancing dan social distancing serta menggunakan masker ketika keluar rumah dan rajin cuci tangan pakai sabun," ucapnya.

Pemerintah Kabupaten Majalengka juga mengimbau kepada masyarakat agar lebih mematuhi protokol kesehatan guna memutus rantai penyebaran virus Covid-19 di Kabupaten Majalengka, jelang Hari Raya Idul Adha 2020 yang jatuh pada 31 Juli 2020.

Penulis: Eki Yulianto
Editor: Mutiara Suci Erlanti
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved