Breaking News:

Pelaksanaan New Normal

Ridwan Kamil Sebut 1.620 Warga Jabar Direkrut Jadi Relawan Uji Coba Vaksin Covid-19 Buatan China

Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil, mengajak warga Bandung yang memenuhi kriteria untuk ikut menjadi relawan.

TribunCirebon.com/m Rizal Jalaludin
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat hadiri acara Kejaksaan di Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (25/7/2020) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG - Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan uji klinis vaksin Covid-19 produksi Sinovac, Tiongkok, yang dilakukan PT Bio Farma, akan melibatkan sekitar 1.620 relawan.

Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil, mengajak warga Bandung yang memenuhi kriteria untuk ikut menjadi relawan.

“Vaksin itu sudah ada. Menurut Pak Menko Perekonomian RI, Pak Airlangga, Indonesia akan mendatangkan vaksin dari tiga negara. Satu dari Tiongkok, dua dari Korea Selatan, tiga dari Inggris. Jadi tidak betul kalau hanya dari Tiongkok,” kata Kang Emil seusai rapat koordinasi di Mapolda Jabar, Kota Bandung, Selasa (28/7/2020).

 Diskominfo Siapkan Sanksi Denda Tak Gunakan Masker Melalui Aplikasi

Kang Emil menjelaskan, uji klinis vaksin Covid-19 produksi Sinovac dilakukan di Indonesia karena vaksin tersebut sudah dilakukan uji klinis fase 1 dan fase 2 di Tiongkok, dan dinyatakan telah berhasil.

“Vaksin sudah dilakukan uji klinis fase 1 dan 2 di Tiongkok. Saat ini, vaksin memasuki fase 3 yang lebih luas, melibatkan beberapa negara, termasuk Indonesia sebagai mitra," ucapnya.

Kang Emil pun mengatakan dirinya sempat mendaftar sebagai relawan uji klinis vaksi tersebut, namun tidak dapat memenuhi salah satu syaratnya, yakni tidak boleh bepergian ke luar kota selama masa pengujian. Karenanya, dirinya mendorong para relawan di Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jabar untuk menjadi relawan uji klinis vaksin.

"Tadinya saya juga mau menyediakan diri sebagai relawan. Tapi ada persyaratan mobilitas yang tidak boleh kemana-mana," katanya dalam rapat koordinasi di Mapolda Jabar tersebut.

Warga Jabar yang ingin menjadi relawan uji klinis dapat mendaftar ke Clinical Research Unit Deptartemen Ilmu Kesehatan Anak Lantai 1 di RSUP Hasan Sadikin. Atau menghubungi nomor kontak 022-2034471 dan 08112214235.

“Jadi, sebagian dari kami yang memenuhi syarat bisa mendaftarkan diri,” kata Kang Emil.

 DAFTAR SANKSI Tak Pakai Masker dan Jaga Jarak di Jabar, Kerja Sosial, Denda 100 Ribu hingga 500 Ribu

Halaman
1234
Editor: Fauzie Pradita Abbas
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved