Breaking News:

Pilkada Indramayu 2020

Bawaslu Indramayu Temukan 4.724 Orang Gak Penuhi Syarat, KTP Gak Punya tapi Masuk Daftar Pemilih

Bawaslu Kabupaten Indramayu menemukan sebanyak 4.724 pemilih yang tidak memenuhi syarat tapi masuk ke dalam daftar pemilih.

WARTA KOTA/HENRY LOPULALAN
ILUSTRASI: Warga mengurus e-KTP di kantor kelurahan (foto tak terkait berita) 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - Bawaslu Kabupaten Indramayu menemukan sebanyak 4.724 pemilih yang tidak memenuhi syarat tapi masuk ke dalam daftar pemilih.

//

Selain itu, sebanyak 553 pemilih memenuhi syarat tapi tidak masuk dalam daftar pemilih, dan sebanyak 317 pemilih lagi belum memiliki E-KTP.

"Temuan tersebut berdasarkan pada hasil pengawasan yang dilakukan Bawaslu Kabupaten Indramayu beserta seluruh jajaran pada minggu pertama pelaksanaan pencocokan dan penelitian (Coklit)," ujar ujar Kordiv Pengawasan dan Hubungan antar Lembaga (PHL) Bawaslu Indramayu, Supriadi kepada Tribuncirebon.com, Minggu (26/7/2020).

Coklit ini dilakukan sebagai pemutahiran data pemilih sebelum pelaksanaan Pilkada Indramayu diselenggarakan pada 9 Desember 2020 mendatang.

Sesuai jadwal Coklit di Kabupaten Indramayu dilaksanakan mulai 15 Juli 2020 sampai 13 Agustus 2020.

Supriadi menjelaskan ada dua kategori yang menjadi fokus pengawasan, yakni pengawasan terhadap prosedur dan tata cara Coklit, serta pengawasan pada potensi pelanggaran lainnya.

Seperti pemilih belum memiliki E-KTP, pemilih sudah meninggal dunia, pemilih belum memenuhi syarat, pemilih baru, dan lain-lain.

Adapun terkait dengan prosedur dan tata cara coklit masih ditemukan petugas coklit atau Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yang tidak melaksanakan tugasnya dari rumah ke rumah, yakni terdapat 14 petugas.

Halaman
12
Penulis: Handhika Rahman
Editor: Fauzie Pradita Abbas
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved