Breaking News:

Gas Melon 3 Kg Meledak, Warga Cipeundeuy Berhamburan Minta Tolong, 3 Rumah Hangus Terbakar

Saat kebakaran angin cukup kencang sehingga api dengan mudah merambat ke bagian tengah dan atap rumah korban

Editor: Machmud Mubarok
istimewa
Ledakan gas melon 3 kg menyebabkan 3 rumah di Cipeundeuy, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, hangus terbakar, Rabu (22/7/2020). 

Laporan Kontributor Kabupaten Sukabumi M Rizal Jalaludin

TRIBUNCIREBON.COM, SUKABUMI - Kebakaran kembali terjadi di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (22/7/2020).

Kali ini kebakaran terjadi di Kampung Cipeundeuy RT 15 RW 05, Desa Cipeundeuy, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi.

Tiga rumah warga di Kampung tersebut hangus terbakar. Anggota Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Kecamatan Surade, Solih Sunarya mengatakan, kebakaran yang terjadi sekitar pukul 12.18 WIB itu diduga berasal dari ledakan gas elpiji tiga kilogram.

"Api diduga berasal dari ledakan tabung gas elpiji tiga kilogram yang sedang digunakan untuk memasak, dan pemiliknya yang diketahui bernama Munah (60) tengah berada di luar rumah," ujarnya.

"Sebelum terjadi kebakaran warga yang merupakan tetangga korban sempat mendengar suara ledakan yang bersumber dari dapur rumah Ibu Munah. Setelah terdengar ledakan, mereka melihat titik api yang semakin membesar bersumber dari dalam dapur rumah Ibu Munah," terangnya.

BREAKING NEWS Sultan Sepuh XIV Keraton Kasepuhan Cirebon PRA Arief Natadiningrat Meninggal Dunia

Ridwan Kamil Beri Pujian Setinggi Langit pada Sosok Sultan Sepuh XIV PRA Arief Natadiningrat

Sultan Sepuh XIV Tinggalkan Seorang Istri dan 4 Anak, PR Luqman Zulkaedin Salah Satu Putranya

Seketika, warga sekitar yang mendengar suara ledakan langsung berhamburan sambil berteriak meminta tolong.

"Saat kebakaran angin cukup kencang sehingga api dengan mudah merambat ke bagian tengah dan atap rumah korban. Tidak lama, api langsung merambat ke bangunan rumah tetangganya milik Pak Usur (35) dan Pak Sujiono (40)," jelasnya.

Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 13.30 WIB, setelah dua unit mobil pemadam kebakaran dari Surade dan Jampang Kulon diturunkan.

"Api kami nyatakan padam sekitar pukul 13.30 WIB dengan kondisi bangunan utama habis terbakar, dua unit bangunan rusak ringan," katanya.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.

"Berdasarkan asessment dilapangan, seluruh keluarga korban kebakaran ini, mengaku telah mengalami kerugian materil ditaksir mencapai Rp70 juta. Karena bangunan rumah mereka hangus terbakar. Bahkan, satu rumah diantaranya nyaris rata dengan tanah," tuturnya.

"Rumah yang hampir rata dengan tanah itu, milik Pak Munah dengan ukuran bangunan sekitar 7 x 8 meter dan jumlah kerugian ditaksir Rp60 juta. Sementara, rumah Pak Usur ukuran bangunan 6 x 8 meter dengan kondisi terbakar 30 persen kerugian sekitar Rp5 juta. Sedangkan Pak Sujiono ukuran rumahnya 8 x 5 meter dengan kondisi terbakar 20 persen serta kerugian materilnya Rp2 juta," ujar Solih menandaskan.* (M Rizal Jalaludin)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved