Breaking News:

video

VIDEO - Dana Pemulihan Ekonomi Nasional Bagi UMKM Rp 124 T Sudah Terserap Lebih dari 30 Persen

pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia hingga saat ini sangat berdampak sekali, mulai dari menurunnya permintaan hingga terjun bebasnya pendapatan

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - Para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan salah satu sektor yang terdampak pandemi Covid-19.

Melalui program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dengan penyaluran sebesar Rp 124 triliun, pemerintah tengah berupaya menghidupkan kembali ekonomi para pelaku UMKM yang kini tengah terpuruk.

Menteri Koperasi dan UMKM, Teten Masduki mengatakan, untuk serapan relaksasi pembiayaan UMKM hingga saat ini diketahui sudah terserap lebih dari 30 persen.

"Kita harapkan diakhir bulan Juli nanti bisa mencapai 50 persen karena program PEN ini kan sampai September," ujar dia kepada Tribuncirebon.com saat mengunjungi para pelaku usaha tambak ikan di Desa Tambak, Kecamatan/Kabupaten Indramayu, Sabtu (18/7/2020).

Teten Masduki menyampaikan, pemerintah akan terus menyalurkan dana relaksasi pembiayaan UMKM ini. Ia berharap penyerapannya bisa optimum di bulan Agustus dan bisa mencapai target 100 persen pada akhir September nanti.

Daftar Harga Sepeda Lipat Juli 2020, Mulai dari Rp 1,7 Juta, Polygon, Element, Noris, hingga United

Punya Duit Rp 3 Jutaan Sudah Bisa Beli Sepeda Kualitas Oke, Simak Daftar Harga Lengkap Sepeda Ini

Pasien Positif Covid-19 di Kabupaten Cirebon Bertambah Tujuh Orang, Salah Satunya Tenaga Kesehatan

Ia mengakui, pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia hingga saat ini sangat berdampak sekali, mulai dari menurunnya permintaan hingga terjun bebasnya pendapatan para pelaku UMKM.

Untuk mengatasi itu, pemerintah juga berkomitmen membantu meringankan beban pelaku UMKM dengan restrukturisasi pinjaman selama 6 bulan.

"Jadi bunga kreditnya di 6 persen untuk 3 bulan pertama dan 3 persen untuk 3 bulan berikutnya," ujar dia.

Selain itu, disampaikan Teten Masduki, pemerintah juga akan menghapuskan atau mensubsidi pajak bagi UMKM.

"Dan tentu ekonomi akan pulih 100 persen kalau kita berhasil menangani Covid-19. Usaha akan normal kembali, orang akan kembali bekerja dan mendapat penghasilan," ujar dia.

TONTON VIDEO DI SINI

Penulis: Handhika Rahman
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved