Breaking News:

Virus Corona Mewabah

1.262 Orang di Secapa AD Positif Covid-19, Pemerintah Berani Jamin Tak Ada Penularan Keluar Kompleks

Pemerintah memastikan tak terjadi penularan keluar dari Kompleks Sekolah Calon Perwira (Secapa) TNI AD di Kota Bandung, yang menjadi klaster baru.

Editor: Fauzie Pradita Abbas
Istimewa
Gambar mikroskop elektron transmisi menunjukkan virus corona SARS-CoV-2, juga dikenal sebagai 2019-nCoV, virus coronavirus yang menyebabkan COVID-19 

TRIBUNCIREBON.COM - Pemerintah memastikan tak terjadi penularan keluar dari Kompleks Sekolah Calon Perwira (Secapa) TNI AD di Kota Bandung, yang kini menjadi klaster baru Covid-19.

Kompleks Secapa menjadi klaster baru Covid-19 setelah 1.262 orang yang tinggal di sana terinfeksi corona.

"Mereka terdiri atas peserta didik dan beberapa tenaga pelatih," ujar Achmad Yurianto, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, dalam konferensi persnya di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Kamis (9/7/2020) sore.

Achmad Yurianto menegaskan, kompleks pendidikan perwira AD itu sudah diisolasi.

Masyarakat di sekitar Secapa, ujarnya, tak perlu khawatir. Sebab, proses karantina dilakukan secara ketat. "Kami larang ada pergerakan orang masuk atau keluar kompleks," ujarnya.

Pengawasannya, kata Yuri, dilakukan langsung oleh Kodam III/Siliwangi, bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Jabar dan Dinas Kesehatan Kota Bandung.

"Oleh karena itu, kami memastikan tidak akan terjadi penularan keluar kompleks karena kami menjaga ketat, agar betul-betul pelaksanaan karantina kewilayahaan bisa dijalankan secara maksimal," ujar Yuri.

Yuri mengatakan, proses pelacakan sudah dilakukan sejak kasus pertama di Secapa diketahui, beberapa waktu lalu.

Penyelidikan epidemiologi terkait klaster ini, ujarnya, sudah selesai dilakukan sejak 29 Juni lalu. Dari 1.262 yang positif, sebanyak 1.245 di antaranya tanpa keluhan apa pun.

"Hanya ada 17 orang yang kini dirawat dan diisolasi di rumah sakit karena mengalami keluhan seperti demam, batuk, dan gangguan pernapasan," ujarnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved