Breaking News:

Bupati Peringatkan Warga Majalengka yang Hendak Bekerja di Luar Negeri, Tempuh Prosedur Secara Legal

Bupati Majalengka, Karna Sobahi memberikan ultimatum kepada warga Majalengka agar menempuh prosedur secara legal

Tribuncirebon.com/Eki Yulianto
Bupati Majalengka, Karna Sobahi didampingi Kadisparbud, Lilis Yuliasih 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto

TRIBUNCIREBON.COM, MAJALENGKA- Bupati Majalengka, Karna Sobahi memberikan ultimatum kepada warga Majalengka agar menempuh prosedur secara legal jika hendak bekerja di luar negeri.

Hal itu buntut dari kasus Eti Rohaeti binti Toyib Anwar, TKW yang terbebas dari hukuman mati atas dugaan pembunuhan terhadap majikan di Arab Saudi.

Karna Sobahi menilai, prosedur secara legal yang ditempuh oleh masyarakat dapat lebih memudahkan untuk diproses jika ke depan memiliki permasalahan seperti Eti.

Anda Pernah Mimpi Digigit Ular? Ini Arti Mimpi Tentang Ular Menurut Primbon Jawa

Jangan sampai, tidak tercatat sebagai warga Majalengka, namun mengaku-ngaku berasal dari kota angin.

"Diambil hikmahnya, banyak ditemukan kasus ngakunya orang Majalengka ternyata bukan, makanya saya mewanti-wanti kepada masyarakat coba tertib administrasi lah."

"Jangan karena sudah berpengalaman bekerja di luar negeri, tidak melakukan registrasi ulang dan berangkat semaunya," ujar Karna Sobahi, Rabu (8/7/2020).

Ia pun meminta, kepada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigras untuk menyelidiki kemungkinan adanya perusahaan atau agen pemberangkatan TKI Ilegal.

Komunitas Pitpitan di Kuningan, Bersepeda Sambil Kenalkan Keindahan Alam dan Objek Wisata Kota Kuda

Sehingga, dapat menekan adanya kasus cacat data dan perdagangan manusia.

"Ya, kita berharap, kejadian seperti yang menimpa Eti ini tidak terulang kembali. Dan, saya sudah minta kepada dinas terkait untuk menyelidiki PJTKI yang bermasalah karena kasus TKI ini kebanyakan karena berangkat secara ilegal," ucapnya.

Sementara, untuk menyambut kedatangan Eti, Pemda Majalengka berencana menggelar acara syukuran di kampung halaman Eti di Desa Cidadap, Kecamatan Cingambul, Kabupaten Majalengka.

Saat ini, Eti masih berada di Jakarta setelah menjalani tes swab sesuai ketentuan protokol kesehatan bagi orang yang baru tiba dari luar negeri.

Penulis: Eki Yulianto
Editor: Mutiara Suci Erlanti
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved