Breaking News:

Taufik Hidayat: TPI di Indramayu Bakal Punya Cold Storage, Kapasitas 1.000 Ton

Taufik Hidayat menyebut, kebutuhan paling mendesak adalah pembangunan cold storage atau tempat penampungan ikan kapasitas 1.000 ton

Penulis: Handhika Rahman | Editor: Fauzie Pradita Abbas
TribunCirebon.com/Handhika Rahman
Plt Bupati Indramayu, Taufik Hidayat, Senin (29/6/2020). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - Peningkatan sarana dan prasarana di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Kabupaten Indramayu menjadi hal urgen yang dibutuhkan dalam meningkatkan kesejahteraan para nelayan.

//

Plt Bupati Indramayu, Taufik Hidayat menyebut, kebutuhan paling mendesak adalah pembangunan cold storage atau tempat penampungan ikan berkapasitas 1.000 ton.

"Kita sudah siapkan lahannya untuk penempatan cold storage itu sendiri," ujar dia kepada Tribuncirebon.com, Senin (6/7/2020) malam.

Diketahui cold storage yang dimiliki pusat pelelangan ikan di Kabupaten Indramayu, yakni TPI Karangsong kapasitasnya sangat terbatas, yakni 100 ton dan 60 ton saja.

Adanya cold storage berkapasitas 1.000 ton ini pun sekaligus upaya untuk menjaga kualitas hasil tangkapan nelayan agar tetap segar saat dijual di pasaran.

Selain itu, pendangkalan muara pelabuhan juga menjadi hal mendesak yang harus segera dibenahi, dari sebanyak 14 muara di Kabupaten Indramayu semuanya mengalami sedimentasi cukup tinggi.

Issue overfishing atau jenuh penangkapan di perairan utara laut jawa pun menjadi permasalahan, meskipun sudah tersedia informasi daerah penanhkapan ikan. Namun masih sulit untuk dijangkau kapal perikanan nelayan kecil.

"Untuk sarana bongkar muat dan sarana sarana lain juga perlu dibenahi sehingga para nelayan bisa dengan mudah melakukan pelelangan ikan di Kabupaten Indramayu," ucapnya.

Dirinya berharap, peningkatan fasilitas nanti di TPI bisa berdampak pada semakin majunya sektor perikanan di Kabupaten Indramayu.

Terlebih Kabupaten Indramayu memiliki potensi pengelolaan sumber daya kelautan dan perikanan yang sangat besar.

Berdasarkan data yang dicatat pemerintah daerah pada tahun 2019 saja, capaian perikanan tangkap di Kabuupaten Indramayu bahkan sebanyak 160 ribu ton dengan kontribusi terhadap Penghasilan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp 13,6 miliar.

"Alhamdulillah tanggapan dari pak menteri sangat luar biasa merespon apa yang menjadi keinginan masyarakat nelayan kita, insya Allah ini akan segera terwujud," ujarnya

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved