Edhy Prbowo ke Indramayu, Diskusi dengan Para Nelayan, Bilang Siap Tampung Curhatan Nelayan

Terutama perihal bantuan pemerintah, fasilitas pelabuhan, hingga perizinan yang yang selama ini dianggap menyulitkan para nelayan.

Tribuncirebon.com/Handhika Rahman
Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo saat menggelar audiensi dengan para nelayan di Pelabuhan Perikanan Karangsong, Senin (6/7/2020) malam. 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - Para nelayan di Kabupaten Indramayu curhat mengenai keluh kesah mereka saat dikunjungi Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo di Pelabuhan Perikanan Karangsong, Senin (6/7/2020) malam.

//

Terutama perihal bantuan pemerintah, fasilitas pelabuhan, hingga perizinan yang yang selama ini dianggap menyulitkan para nelayan.

Hal tersebut diutarakan langsung oleh para nelayan saat menggelar audiensi disaksikan oleh jajaran Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) serta pemerintah Kabupaten Indramayu.

Edhy Prabowo menegaskan, semua usulan itu sudah pihaknya tampung.

Di antaranya meliputi cold storage atau tempat penyimpanan ikan yang berkapasitas kecil akan ditingkatkan hingga bisa menampung 1.000 ton ikan.

Kemudian terkait pendangkalan muara pelabuhan mengingat kapal-kapal di Pelabuhan Perikanan Karangsong merupakan kapal besar akan segera direalisasikan.

Adapun terkait perizinan, pihaknya sudah memberlakukan kebijakan yang lebih fleksibel.

Disampaikan Edhy Prabowo jika sebelumnya nelayan harus menunggu izin sampai berbulan-bulan lamanya, kini cukup hanya dengan satu jam saja.

Ia juga menjamin, jika kebijakan perizinan ini mengalami kesulitan. Edhy Prabowo bahkan mempersilahkan para nelayan datang langsung ke Kantor KKP menemuinya dan menceritakan kesulitan yang dialami tersebut.

"Semua masukan tentu kita tampung dan akan kita laksanakan terus sesuaikan dengan kebutuhan-kebutuhan di lapangan," ujar dia.

Pada kesempatan itu, Menteri Kelautan dan Perikanan juga menyerahkan sejumlah bantuan berupa modal kerja, pinjaman, sertifikat nelayan hingga kartu sehat kepada para nelayan di Kabupaten Indramayu.

Ia berharap, dengan meningkatnya sarana dan prasarana di Pelabuhan Karangsong Indramayu serta dipermudahnya perizinan bisa mensejahterakan para nelayan.

"Sehingga nelayan yang tadinya kecil bisa menjadi besar. Nelayan yang besar bisa semakin besar lagi," ujarnya.

Penulis: Handhika Rahman
Editor: Fauzie Pradita Abbas
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved