Breaking News:

Video

VIDEO - Sudah Menikah Tapi Tak Punya Akta Nikah, Puluhan Pasutri Ikut Sidang Itsbat Menikah Lagi

sidang itsbat ini dilakukan untuk menetapkan kembali pernikahan warga yang belum memiliki surat-surat bukti pernikahan.

Editor: Machmud Mubarok

Laporan Kontributor Kabupaten Sukabumi M Rizal Jalaludin

TRIBUNCIREBON.COM, SUKABUMI - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Iyos Somantri, mendatangi kantor Desa Pasir Baru, Kecamatan Cisolok, Jumat (3/7/2020).

Sekda mendatangi kantor Desa Pasir Baru untuk membuka secara langsung kegiatan sidang itsbat terpadu Pengadilan Agama Cibadak, Kementerian Agama dan Disdukcapil Kabupaten Sukabumi.

Iyos menjelaskan, sidang itsbat ini dilakukan untuk menetapkan kembali pernikahan warga yang belum memiliki surat-surat bukti pernikahan.

Iyos menyebutkan, sekitar 30 pasangan hari ini di Desa Pasirbaru mengikuti sidang itsbat.

"Hari ini kita sidang itsbat di Desa Pasirbaru, 30 pasangan masyarakat yang belum memiliki akad nikah, ini hasil kerjasama yang baik Pemda dengan Kemenag, kantor Pengadilan Agama, ini adalah yang ketiga kalinya di tahun ini, Cibadak, Jampang Kulon hari ini di Cisolok," ujarnya.

Kasus DBD Selama Pandemi Covid-19 Lebih dari 700 Ribu, Ini Cara Deteksi Gejala DBD Kata Dokter Reisa

Daftar Harga Sepeda Lipat Terbaru Merek United, Element, Pasific dan Polygon, Mulai Rp 1,7 Juta

Ini Daftar Harga HP Oppo Terbaru Juli 2020, Mulai Oppo A5s Rp 1,4 Juta Hingga Find X2 Pro Rp 18 Juta

"Mudah-mudahan dengan kegiatan yang kami lakukan secara kolaboratif ini, bisa menolong masyarakat dari sisi administrasi akad nikahnya, karena memang masyarakat sangat membutuhkan itu, katakanlah masyarakat akan beribadah umroh misalnya, mereka tidak akan bisa mengikuti karena tidak memiliki akad nikah, karena di minta bukti muhrim, salah satu bukti tersebut adalah ada surat nikahnya. Kemudian ketika bagi waris dan sebagainya, agak sulit kalau masuk ke pengadilan agama mau bagi waris dasarnya apa," terangnya.

Selain itu, Iyos juga mengatakan, apabila tidak memiliki surat nikah, akan sulit membuat administrasi kependudukan lainnya.

Salah satunya akan susah ketika membuat akta kelahiran untuk anak.

"Susah juga kalau mau bikin akta kelahiran anak, karena tidak ada dasar nikahnya siapa dengan siapa, oleh karenanya kolaborasi ini Kemenag, Disduk, kantor Pengadilan Agama, mudah-mudahan ya meminimalisir, mengurangi angka-angka yang selama ini masih banyak yang belum memiliki akta nikah," katanya.

TONTON VIDEO DI SINI

(M Rizal Jalaludin)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved