Breaking News:

Satu Orang Positif Covid-19 Ogah Dirawat di Eks RS Citra Ibu, Akhirnya Diisolasi Mandiri

Setelah mengumumkan 9 warga positif, menurut Susi, tim Gugus Tugas Covid-19 melakukan tracking kepada warga yang dianggap berhubungan atau kontak

TribunCirebon.com/Ahmad Ripai
RS Citra Ibu Kuningan akhirnya dibeli Pemkab Kuningan senilai Rp 7,3 miliar untuk dijadikan sebagai tempat isolasi dan penanganan pasien Covid-19. 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN – Sebanyak 9 orang warga Kuningan yang terpapar Covid-19 hasil tes swab itu merupakan Orang Tanpa Gejala. Saat ini tinggal satu orang yang dirawat secara intensif di rumah. Sementara 8 lainnya dirawat di eks RS Citra Ibu.

“Sebelumnya ada enam orang dan kini bertambah dua orang. Sehingga satu orang yang tidak mau melakukan perawatan di eks RS  Citra Ibu, kami pantau dan lakukan tindakan langsung ke rumahnya,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kuningan, Susi Lusyanti saat menyampaikan keterangnnya, saat diubungi sambungan selulernya, Jum’at (3/7/2020).

Setelah mengumumkan 9 warga positif, menurut Susi, tim Gugus Tugas Covid-19 melakukan tracking kepada warga yang dianggap berhubungan atau kontak dengan kesembilan orang posistif ini.

Tindakan tim medis, kata dia, ini sudah menjadi bagian tim teknis dan perawatan yang di bawah komando Direktur Utama Rumah Sakit Umum Daerah Kuningan.

“Kalau melihat perkembangannya, beberapa hari kedepan, sembilan orang positif ini dilakukan tes swab kedua kalinya. Namun ini bukan wilayah kerja atau tindakan kami (Dinas Kesehatan, red),” katanya.

Diketahui sebelumnya, sebanyak 6 dari 9 orang yang diketahui positif covid-19 hasil daripada tes swab.

“Berhasil mengikuti kegiatan perawatan dan pemulihan medis di bekas Rumah Sakit  Citra Ibu,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kuningan, Susi Lusyianti.

Susi mengatakan, keenam orang yang diketahui masuk untuk perawatan medis karena kesadaran mereka "Mereka yang bertekad ingin sembuh dan bebas dari bahaya covid-19,” ungkapnya.

Grab Indonesia Didenda Rp 29,5 Miliar, Terbukti Bersalah di Kasus Diskriminasi Mitra Pengemudi

Daftar Harga Sepeda Lipat 2020, Mulai dari Rp 1 Jutaan, Sepeda Lipat United Hingga Polygon

PENAMPAKAN Cewek PL Pakai Face Shield di Room Karaoke, Enggak Boleh Duduk Berdekatan dengan Tamu

Namun, kata Susi, untuk sisanya atau sebanyak tiga orang lainnya, “Ini masih dilakukan pendampingan dan membujuknya, untuk bisa mendapat perawatan medis di RS eks Citra Ibu,” kata Susi.

Susi mengatakan, tindakan kooperatif yang dilakukan warga terpapar itu bisa cepat. “Menuntaskan penyebaran pandemic covid-19,” katanya.    

Sembilan orang yang terkonfirmasi positif covid-19 setelah tes swab adalah dua orang kepala desa, satu orang tenaga kesehatan, satu orang perangkat desa,dan  lainnya warga.  (*)

Penulis: Ahmad Ripai
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved