VIDEO - Kisah Mantan Polisi yang Jadi Anggota DPRD Kuningan, Tiap Hari Bhayangkara Ingat Saat Tugas

sebenarnya, menjadi polisi itu lebih banyak dukanya. Duka itu muncul ketika masyarakat tidak mengikuti dan menaati peraturan dan norma yang berlaku.

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN – Momentum Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Bhayangkara tak pernah hilang dari ingatan seorang Anggota DPRD Kuningan, H Purnama. Pasalnya, sebelumnya menjadi wakil rakyat saat ini, ia adalalah seorang anggota Polri.

“Saya terakhir tugas dengan jabatan Kapolsek Ciniru,” ungkap Purnama saat ditemui di ruang Fraksi PDIP Perjuangan DPRD Kuningan, Rabu (1/7/2020).

Purnama mengatakan, ia menjadi polisi dua zaman, yaitu zaman Orde Baru dan zaman reformasi.

Saat ini, kata Purnama, kondisi anggota kepolisian sangat bagus, karena perhatian negara yang begitu besar kepada salah satu lembaga penegak hukum ini.

“Sehingga hal itu menjadikan pribadi polisi untuk makin dipercaya masyarakat dalam meningkatkan pelayanan dan pelindungan serta pengayoman terhadap masyarakat,” ungkapnya.

Menurut Purnama, sebenarnya, menjadi polisi itu lebih banyak dukanya. Duka itu muncul ketika masyarakat tidak mengikuti dan menaati peraturan dan norma yang berlaku.

”Ya bagaimana mau suka, kita ini dianggap menjegal kebebasan dan kewenangan pribadi manusia sendiri. Misal, naik motor enggak pakai helm dan tidak dilengkapi surat kendaraan,” kata dia.

Namun, kata Purnama, itu risiko jabatan dan amanah sebagai petugas kepolisian yang harus memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Apapun itu jabatan tentu mengandung risiko, tinggal bagaimana melaksanakan dan tanggung jawabnya,” katanya.

Halaman
123
Penulis: Ahmad Ripai
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved