Pemkab Majalengka Kembali Raih Predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian 7 Kali Beruntun dari BPK-RI

Opini ini bukan merupakan tujuan akhir. Karena tujuan akhirnya adalah bagaimana mewujudkan pengelolaan keuangan yang akuntabel

TribunCirebon.com/Eki Yulianto
Bupati dan Ketua DPRD Majalengka menerima penghargaan opini WTP dari BPK-RI 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto

TRIBUNCIREBON.COM, MAJALENGKA - Pemerintah Kabupaten Majalengka kembali berhasil mempertahankan predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) sebanyak tujuh kali beruntun dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK-RI) Perwakilan Provinsi Jawa Barat atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah tahun 2019.

Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK-RI itu dilakukan secara virtual di Ruang Video Conference (Vicon) Sekretariat Daerah, Senin (29/6/2020).

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Bupati Majalengka, Karna Sobahi beserta Ketua DPRD, Edy Anas Junaedi.

Kepala BPK-RI Perwakilan Provinsi Jawa Barat, Arman Syifa dalam sambutannya menyatakan bahwa diraihnya Opini WTP oleh Kabupaten Majalengka merupakan wujud kerja keras yang dibangun seluruh jajaran Pemerintah Daerah (Pemda).

Yang mana, telah menyajikan laporan keuangan secara transparan dan akuntabel serta terhindar dari salah saji.

Pemberian penghargaan kepada Provinsi/Kabupaten/Kota yang meraih opini WTP didasarkan atas kriteria tertentu.

Sehingga, BPK-RI patut memberikan apresiasi yang tinggi atas prestasi yang telah diraihnya.

"Opini ini bukan merupakan tujuan akhir. Karena tujuan akhirnya adalah bagaimana mewujudkan pengelolaan keuangan yang akuntabel," ujar Arman.

Sementara itu, Bupati Majalengka, Karna Sobahi menyatakan bahwa Pemerintah Daerah patut bersyukur atas diraihnya prestasi tertinggi dalam pengelolaan keuangan daerah yang ketujuh kalinya.

Mudah-mudahan prestasi ini akan menjadi pemacu dan pemicu seluruh ASN untuk bekerja lebih baik lagi dalam pengelolaan keuangan.

Opini WTP ini merupakan bukti kuatnya komitmen para Kepala OPD untuk menyajikan laporan keuangan sesuai kaidah dan prinsip pengelolaan keuangan yang baik dan benar.

"Untuk meraih Opini WTP ini modal dasarnya adalah kerjasama, koordinasi, sinkronisasi dan komunikasi antara seluruh jajaran OPD dan BUMD," ucap Karna.

Pihaknya terus melakukan pembinaan yang intensif kepada seluruh OPD agar laporan keuangan OPD yang menjadi bahan dasar penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah agar wajar dalam penyajiannya.

Sementara, hadir dalam vicon tersebut, Sekretaris Daerah, Eman Suherman, Kepala BKAD Majalengka, Lalan Soeherlan dan Inspektur Kabupaten Majalengka, Edy Noor Sudjatmiko.

Penulis: Eki Yulianto
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved