Breaking News:

Pelaksanaan New Normal

TNI-Polri di Majalengka Pantau Kesiapan Obyek Wisata Sambut AKB, Bakal Bikin Pos Pemantau

Objek wisata di Kabupaten Majalengka akan dibuka lagi pada Sabtu (27/6/2020).

Penulis: Eki Yulianto | Editor: Fauzie Pradita Abbas
Tribun Cirebon/Eki Yulianto
Kapolres Majalengka, AKBP Bismo Teguh Prakoso (kiri), meninjau persiapan objek wisata menerapkan protokol kesehatan sebelum dibuka lagi. 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto

TRIBUNCIREBOB.COM, MAJALENGKA - Objek wisata di Kabupaten Majalengka akan dibuka lagi pada Sabtu (27/6/2020).

Menghadapi hal itu, sejumlah aparat kepolisian dan TNI diterjunkan untuk memantau persiapan yang dilakukan oleh para pengelola wisata.

Tentunya, pemantauan juga dilakukan untuk menghadapi era new normal atau adaptasi kebiasaan baru (AKB) di tengah pandemi Covid-19.

Kapolres Majalengka, AKBP Bismo Teguh Prakoso, mengatakan, tujuan dilakukan pemantauan adalah untuk memastikan para pengelola wisata bersedia menyiapkan fasilitas protokol kesehatan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Selain mengenai jarak saat mengantre, juga berkenaan tempat cuci tangan lengkap dengan air dan sabun dan fasilitas umum lainnya yang diperlukan.

"Sesuai Surat Edaran Bupati, bahwa ada banyak kawasan wisata alam yang segera dibuka pada besok hari Sabtu tanggal 27 Juni 2020. Oleh karena itu, sejak jauh-jauh hari kami bersama TNI terus memantau sejumlah objek wisata," ujar AKBP Bismo, Jumat (26/6/2020).

Ia menyebut, jika ada pengelola yang belum menyediakan fasilitas terkait protokol kesehatan Covid-19, lokasi wisata tidak boleh dibuka terlebih dahulu.

Sebab, pengelola wisata harus sama-sama membantu pemerintah untuk mencegah penyebaran virus corona khususnya di objek wisata.

"Tentu, kami terus berikan pembinaan terhadap pengelola wisata agar yang belum menyediakan protokol kesehatan segera dilaksanakan," ucapnya.

Dia mencontohkan saat memantau objek wisata Situ Cipanten di Desa Gunung Kuning, Kecamatan Sukahaji. "Ditemani Kapolsek Sukahaji, Iptu Dadang Supriadi, dan Waka Polsek Sukahaji, IPDA Dudi Ristianto, alhamdulilah sepertinya lokasi itu siap buka besok," tutur Bismo.

Nanti, kata Bismo, pihaknya bersama TNI dan unsur terkait akan terus memantau dengan mendirikan pos pantauan di setiap lokasi wisata.

 Sempat Kebingungan karena Bupati Karawang Positif Covid, Polres Karawang Dapat Penghargaan Lemkapi

Tugasnya, mengawasi pengunjung agar saat masuk menggunakan protokol kesehatan Covid-19, satu di antaranya masker.

"Sudah kami sampaikan ke seluruh pengelola wisata untuk menyediakan seluruh sarana pendukung protokol kesehatan," jelas dia. (*)

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved