Breaking News:

Pekerja Migran Asal Sumedang Alami Kelumpuhan, Bakal Dipulangkan dari Malaysia Difasilitasi Disnaker

Untuk saat ini PMI tersebut sudah mendapat perawatan dan ditampung oleh PMI lain di Kuala Lumpur Malaysia.

Editor: Machmud Mubarok
Grid.ID
Ilustrasi TKI 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNCIREBON.COM, SUMEDANG - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sumedang memastikan pemulangan Atin Permana (26), seorang Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari Malaysia tak akan terkendal meski saat ini terjadi pandemi Covid-19.

Seperti diketahui, PMI asal Dusun Cikaraha, RT 3/4, Desa Bugel, Kecamatan Tomo, Kabupaten Sumedang yang bekerja di Kuala Lumpur, Malaysia itu dikabarkan lumpuh setelah mengalami stroke selama 8 bulan.

Kepala Disnakertrans Kabupaten Sumedang, Asep Sudrajat mengatakan, pihaknya bakal berupaya untuk memulangkan Atin meskipun saat ini masih terjadi pandemi Covid-19 dan biasanya sulit karena ada larangan keluar masuk warga dari negara lain.

"Insya Allah tidak akan terkendala yang penting ada rekomendasi di kementerian. Mereka care dan saya sudah kirim email semua yang menyangkut administrasi PMI tersebut, semua sudah diselesaikan," ujar Asep saat ditemui di Kantor Disnakertrans Sumedang, Senin (21/6/2020).

Untuk saat ini pihaknya sudah mengirimkan surat dan berkoordinasi dengan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) RI agar Atin bisa segera pulang meskipun statusnya PMI ilegal dan kondisi di Indonesia maupun Malaysia masih terjadi pandemi Covid-19.

"Yang menyangkut administrasi dari jauh-jauh hari sudah saya selesaikan karena ini merupakan kewajiban pemerintah daerah untuk menyelesaikan masalah PMI, meskipun ilegal," katanya.

Asep mengatakan, untuk memulangkan Atin dari Kuala Lumpur Malaysia akan mengambil prosedur yang cepat. Untuk saat ini PMI tersebut sudah mendapat perawatan dan ditampung oleh PMI lain di Kuala Lumpur Malaysia.

Zodiak Cinta, Senin 22 Juni 2020: Capricorn Lari dari Masa Lalu, Virgo Jangan Pergi Saat Masih Cinta

Sekujur Tubuh Ucup Terbakar, Lima Bulan Hanya Dirawat Beralas Daun Pisang, Kini Menunggu Keajaiban

Ini Daftar Kota/Kabupaten yang Berada di Zona Hijau, Boleh Kembali Buka Sekolah, Jabar Belum Masuk

"Ini sudah memakai prosedur yang cepat dan saya akan meminta dan menyiapkan anggaran khusus untuk memulangkan PMI itu," ucap Asep.

PMI tersebut saat ini terkapar lemah di Malaysia dan tidak bisa bekerja lagi seperti biasa, sehingga pihak keluarga meminta Pemerintah Kabupaten Sumedang agar Atin segera dipulangkan ke kampung halamannya. (*)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved