Breaking News:

Pedagang Pasar Baru Indramayu Berjanji Patuhi Protokol Kesehatan Sambut Wacana Penerapan AKB

Tempat keramaian khususnya pasar, harus menyediakan tempat cuci tangan di setiap titik, pedagang maupun pembeli wajib memakai masker

Penulis: Handhika Rahman | Editor: Machmud Mubarok
Tribuncirebon.com/Handhika Rahman
Plt Bupati Indramayu, Taufik Hidayat saat melakukan sidak di Pasar Baru Indramayu, Kamis (17/6/2020). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - Para pedagang di Pasar Baru Indramayu menyambut gembira wacana pemerintah daerah yang akan menerapkan kondisi adaptasi kehidupan baru (AKB).

Peralihan dari Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) menuju AKB ini tentu bisa dicapai jika jumlah perkembangan kasus Covid-19 di Kabupaten Indramayu sudah melandai.

Sekarang ini status Kabupaten Indramayu masih masuk kategori zona kuning, pemberlakuan PSBB secara proporsional pun masih diterapkan dan rencananya akan berakhir pada 26 Juni 2020 mendatang.

Ketua Asosiasi Pedagang Pasar Baru (Asparu), Adang Wahyudi mengatakan, untuk menuju kondisi AKB itu para pedagang di pasar setempat siap mendukung kebijakan pemerintah yang mewajibkan menerapkan protokol kesehatan di areal publik seperti pasar.

Asparu pun akan menyosialisasikan kepada seluruh pedagang agar selalu mengedepankan protokol kesehatan dalam aktivitas jual beli sehari-hari.

"Kami siap mematuhi protokol kesehatan yang dicanangkan pemerintah daerah seperti misalnya ketika ingin berdagang memakai masker, cuci tangan dan selalu jaga jarak dengan pembeli," ujar dia kepada Tribuncirebon.com di Pasar Baru Indramayu, Kamis (18/6/2020).

Adang Wahyudi mengatakan, para pedagang sangat merasakan kondisi PSBB yang selama ini diterapkan pemerintah daerah akibat pandemi Covid-19.

Aktivitas jual beli di pasar pun menurun drastis hingga membuat para pedagang merugi.

Ini Daftar Kota/Kabupaten yang Berada di Zona Hijau dan Boleh Membuka Kembali Sekolah

Sinopsis Film Passengers Nanti Malam di Trans TV, Petualangan Chris dan Jennifer ke Planet Homestead

Satu Keluarga di Karawang Positif Covid-19 Hasil Swab Test, Tetangganya Ikut Tertular

Ia berharap, dengan diterapkannya protokol kesehatan di pasar tradisional ini bisa menjadi upaya agar Kabupaten Indramayu bisa segera beralih dari PSBB menuju AKB.

"Kami sangat mendukung sekali, karena ini momen kebijakan pemerintah itu untuk memulihkan kembali ekonomi masyarakat, kami sangat terdampak kalau terus PSBB," ujarnya.

Sementara itu, Plt Bupati Indramayu, Taufik Hidayat pada hari ini mengunjungi sejumlah pasar tradisional dalam rangka persiapan masyarakat menuju AKB.

Tempat keramaian khususnya pasar, harus menyediakan tempat cuci tangan di setiap titik, pedagang maupun pembeli wajib memakai masker, menjaga jarak, dan menerapkan protokol kesehatan lainnya.

"Kita sudah PSBB proporsional, kita memberi ruang gerak agar ekonomi kita ini bisa berjalan maka kita memberi keleluasaan kepada pedagang dan pembeli tapi tetap kita harus menerapkan secara ketat protokol kesehatan," ujar dia.

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved