Breaking News:

UMK Indramayu Kecil, Pencari Kerja Minggat ke Daerah Lain, Jakarta, Karawang, dan Bekasi Jadi Tujuan

Minat para pencari kerja di Kabupaten Indramayu untuk bekerja di dalam kota masih sangat minim.

Istimewa
ilustrasi uang 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - Minat para pencari kerja di Kabupaten Indramayu untuk bekerja di dalam kota masih sangat minim.

//

Kasi Penempatan Kerja Dalam Negeri Disnaker Kabupaten Indramayu, Suwarno Ichrom mengatakan, mayoritas dari para pekerja itu justru berkeinginan merantau ke luar daerah.

"Kebanyakannya itu waktu ditanya maunya bekerja di Jakarta, Karawang, Bekasi," ujar dia kepada Tribuncirebon.com, Rabu (17/6/2020).

Sedangkan, hanya sebagian kecil saja masyarakat yang berniat untuk bekerja di dalam kota.

Upah Minimum Kabupaten (UMK) Indramayu yang kecil menjadi penyebab utama yang membuat masyarat enggan bekerja di dalam kota.

Padahal UMK tahun 2020 Indramayu diketahui sudah naik sebesar 8,51 persen dari UMK tahun sebelumnya menjadi Rp 2.297.931,04 per bulan.

Di wilayah Ciayumajakuning yang meliputi Kota dan Kabupaten Cirebon, Indramayu, Majalengka, serta Kuningan bahkan UMK Kabupaten Indramayu menjadi daerah dengan UMK tertinggi.

Namun, minat masyarakat merantau ke kota-kota besar tetap saja lebih tinggi.

Beragam upaya pun sudah dilakukan pemerintah daerah untuk menggenjot minat masyarakat bekerja di dalam negeri, seperti menarik investor untuk membuka lapangan pekerjaan, sosialisasi agar perusahaan memprioritaskan pekerja ber-KTP Indramayu, dan lain sebagainya.

"Tetapi kembali lagi, kemungkinan karena biaya hidup, kalau di sini UMK-nya kecil, di sana besar," ujar dia.

Sementara itu, salah seorang pencari kerja asal Desa/Kecamatan Arahan, Laila Tusyifa (18) mengaku, datang membuat kartu kuning atau AK-1 bersama rekan sesama sekolahnya sewaktu SMA untuk merantau ke daerah Bekasi.

Meski tidak memiliki saudara di sana, mereka mengaku ingin mencari pengalaman. Terlebih UMK di luar kota jauh lebih besar.

"Tidak takut meski cewek, ingin cari pengalaman. Di sana kalau saudara sih tidak ada cuma ada teman banyak," ujarnya.

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved