Breaking News:

Belasan Ribu Polisi Diterjunkan Jaga Mall dan Tempat Wisata Outdoor Saat Penerapan New Normal

yang mau dibuka adalah yang outdoor, jadi bukan yang indoor. Jadi outdoor diberikan kesempatan, hanya untuk warga masyarakat di Jabar

TribunCirebon.com/Hilman Kamaludin
Warga Sumedang bermain air di wisata dadakan Sungai Cihonje Sumedang. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdurahman.

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG - Belasan ribu personel polisi dari Polda Jabar dikerahkan untuk mengawal pengoperasian mal dan tempat wisata outdoor, di tengah penerapan new normal atau adaptasi kebiasaan baru (AKB) di sejumlah Kota-Kabupaten di Jabar.

Kabid Humas Polda, Kombes Saptono Erlangga Waskitoroso mengatakan, ada sembilan sektor yang perlahan akan dibuka bertahap seperti perindustrian yang di dalamnya ada mal dan tempat wisata.

"New normal atau AKB, jadi Polda Jabar bersama TNI dan instansi terkait mengerahkan seluruh personel untuk membantu kegiatan keamanan. Memang ada sembilan sektor yang secara perlahan nanti akan dibuka, pertama, perindustrian, kemudian termasuk didalamnya pariwisata," ujar Erlangga, di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Selasa (16/6/2020).

Erlangga mengatakan, dari Polda Jabar ada 17 ribu personel yang dikerahkan guna mengawal pelaksanaan AKB di Jabar. Personel yang disiapkan bakal dibantu dari TNI Kodam III Siliwangi dan pemerintah daerah.

"Disiapkan untuk mengawal pendisiplinan di dalam penerapan protokol kesehatan di AKB atau new normal," katanya.

Khusus untuk pengamanan di tempat wisata, kata dia, saat ini baru di tempat wisata outdoor saja, seperti Taman Safari.

"Sudah disampaikan oleh Gubernur yang mau dibuka adalah yang outdoor, jadi bukan yang indoor. Jadi outdoor diberikan kesempatan, hanya untuk warga masyarakat di Jabar. Kemarin kita cek di Taman Safari, penerapan protokol kesehatan sejauh ini sudah bisa, untuk di Taman Safari sudah siap," ucapnya.

Terkait jumlah personel yang ditempatkan baik di mal maupun tempat wisata, Erlangga mengatakan jumlah personel akan menyesuaikan dengan kebutuhan.

"Ya, disesuaikan saja," katanya. (*)

Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved