Breaking News:

Sekda Majalengka Sebut ada 3 Kriteria dan 11 Indikator yang Harus Dipenuhi untuk Ajukan AKB

Semoga saja Majalengka lolos juga memang mengajukan, kemarin juga Bupati mengatakan posisi Majalengka berada di zona biru dan level 6

Penulis: Eki Yulianto | Editor: Machmud Mubarok
TribunCirebon.com/Eki Yulianto
Sekda Majalengka, Eman Suherman, saat ditemui di kantornya di Kompleks Pemkab Majalengka, Selasa (17/3/2020). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto

TRIBUNCIREBON.COM, MAJALENGKA - Sekretaris Daerah Majalengka, Eman Suherman menyebut ada tiga kriteria dan 11 indikator yang harus dipenuhi suatu daerah untuk mengusulkan new normal atau Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

Kriteria dan indikator itu menjadi tolak ukur suatu daerah untuk diterima dalam pengajuan AKB tersebut.

"Ya, ada tiga kriteria dan sebelas indikator bagi daerah untuk mengusulkan AKB," ujar Eman, Sabtu (13/6/2020).

Ia menyebutkan, tiga kriteria itu, yaitu epidemiologi, sistem kesehatan yang menjadi tolak ukur kemampuan pelayanan kesehatan suatu wilayah dan surveillance yang cukup.

Adapun, sebelas indikatornya, yakni penurunan jumlah kasus positif selama dua Minggu terakhir, penurunan jumlah kasus probable selama dua Minggu terakhir dan penurunan jumlah meninggal dari kasus positif.

"Adapun yang lainnya, penurunan jumlah meninggal dari kasus probable, penurunan jumlah kasus positif yang dirawat di rumah sakit dan penurunan jumlah kasus probable yang dirawat di rumah sakit," ucapnya.

Kenaikan jumlah sembuh dari kasus positif juga menjadi indikator lainnya yang harus dipenuhi suatu daerah dalam pengajuan AKB ke Kementerian Kesehatan.

Gerombolan Orang Pakai Sepeda Brompton Masuk Kafe, Bertingkah Sok Jago, Ditegur Pelayan Malah Pamer

Daftar Harga HP OPPO Terbaru Juni 2020: Oppo A7 Rp 2,6 Juta, Oppo A9 2020 Rp 3,4 Juta

Selain itu, kenaikan jumlah selesai Pemantauan dari probable ODP dan PDP, jumlah pemeriksaan spesimen meningkat, positivity rate dan Rt-angka reproduktif selektif kurang dari 1 menjadi indikator lainnya.

"Semoga saja Majalengka lolos juga memang mengajukan, kemarin juga Bupati mengatakan posisi Majalengka berada di zona biru dan level 6," jelas dia.

Seperti diketahui, setelah melakukan video Conference dengan Gubernur, para Bupati dan Walikota dan melakukan kajian serta analisa terhadap upaya yang sudah dilakukan oleh para Kepala Daerah di Jawa Barat, juga dihubungkan dengan kondisi dan pergerakan dari virus Corona, maka Pemerintah Jawa Barat mengambil langkah untuk menjalankan program PSBB Proporsional sampai tanggal 26 Juni 2020.

Hal itu juga dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Majalengka yang memutuskan menerapkan PSBB Proporsional sampai 26 Juni 2020. (*)

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved