Breaking News:

Virus Corona Mewabah

Sudah Terapkan Social Distancing, Kim Jong Un Muncul Saat Rapat Politbiro Partai Buruh, Ini Fotonya

Terapkan Social Distancing, Kim Jong Un Muncul Saat Rapat Politbiro Partai Buruh, Ini Fotonya

AFP/KCNA VIA KNS/STR
Foto yang dirilis oleh kantor berita KCNA pada 1 Januari 2020 memperlihatkan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dalam pertemuan Partai Buruh, di mana dia mengumumkan penghentian moratorium penghentian uji coba senjata. 

TRIBUNCIREBON.COM - Semangat Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, nampaknya tengah bagus ketika dia terlihat tersenyum saat memimpin rapat Politbiro Partai Buruh.

//

Tak hanya itu. Dalam foto yang dirilis oleh media pemerintah, Kim nampak menerapkan social distancing dalam kemunculan perdana setelah beberapa pekan absen. 

Kim Jong Un, yang beberapa pekan tidak muncul, duduk dengan jarak sekitar dua meter dari stafnya yang lain dalam pertemuan di Pyongyang.

Dilansir Sky News Senin (8/6/2020), nampak dia duduk di meja bundar dikelilingi petinggi senior Korea Utara, seperti Choe Ryong Hae dan Pak Pong Ju.

Sementara diberitakan Daily Mirror, sang pemimpin tertinggi menerapkan social distancing, namun para pejabatnya duduk berdekatan.

Mereka juga tidak memakai masker selama rapat, dan sam sekali tak menyebut mengenai wabah virus corona, di tengah klaim mereka sama sekali tak mendapatkan kasus. 

"Rapat itu mendiskusikan isu krusial mengenai pengembangan ekonomi mandiri dan meningkatkan standar hidup orang banyak," ujar media pemerintah.

Ini adalah kemunculan perdana Kim setelah dia absen selama setidaknya dua pekan setelah dia memimpin rapat militer, yang membahas "pencegahan perang nuklir".

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un berbicara dalam rapat ke-13 Politbiro Partai Buruh, dalam foto yang dirilis pada 8 Juni 2020.
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un berbicara dalam rapat ke-13 Politbiro Partai Buruh, dalam foto yang dirilis pada 8 Juni 2020. ((KCNA via REUTERS) via Kompas.com)

Pada pertengahan April, dia sempat menghilang cukup lama, sekitar 20 hari, dengan terakhir dia memimpin rapat Partai Buruh pada 11 April.

Publik mulai menyorotinya ketika dia absen pada Hari Matahari, yaitu peringatan kelahiran kakek sekaligus pendiri Korut, Kim Il Sung, pada 15 April.

Selama hampir tiga pekan absen itu, rumor mengenai kondisi kesehatan suami Ri Sol Ju mulai mengemuka, di mana dia disebutkan sempat parah.

Media yang dikelola pembelot Korea Utara menyatakan, Kim Jong Un kondisinya parah setelah menjalani operasi kardiovaskular (jantung).

Kemudian ada juga laporan yang menyatakan dia telah meninggal, dengan Kim Yo Jong, adik sekaligus penasihatnya, berpeluang menjadi penerusnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Muncul Lagi, Kim Jong Un Tersenyum dan Terapkan Social Distancing", https://www.kompas.com/global/read/2020/06/08/171311770/muncul-lagi-kim-jong-un-tersenyum-dan-terapkan-social-distancing?page=all#page2.
Penulis : Ardi Priyatno Utomo
Editor : Ardi Priyatno Utomo

Editor: Fauzie Pradita Abbas
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved