Breaking News:

Pasangan Suami Istri Positif Covid-19, Puskesmas dan Pasar Panjalu Ciamis Ditutup Sementara

Kemungkinan keduanya terpapar virus Covid-19 setelah berinteraksi dengan pemudik dan keluarga saat libur lebaran.

Editor: Machmud Mubarok
Istimewa
Pasar Panjalu ditutup untuk sementara setelah ada seorang pedagang yang terkonfirmasi positif Covid-19. 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNCIREBON.COM, CIAMIS - Setelah sempat lima hari berturut tidak ada penambahan kasus positif Covid-19, PDP maupun ODP, tiba-tiba data Covid-19 Ciamis Kamis (4/6) kasus terkonfirmasi positip Covid-19  bertambah dua orang sekaligus. Kedua kasus terkonfirmasi positip tersebut adalah pasangan suami-istri.

“Suaminya menjadi pedagang di Pasar Panjalu, sedangkan istrinya bertugas di Puskesmas Panjalu. Dari hasil tes swab,  keduanya terkonfirmasi positif Covid-19,” ujar Bupati Ciamis Dr H Herdiat Sunarya kepada sejumlah wartawan, Kamis (4/6).

Pasangan suami istri tersebut ikut test rapid test massal Senin (26/5)setelah lebaran lalu. Tes dilakukan terhadap pedagang dan pengunjung Pasar Panjalu serta petugas puskesmas setempat yang ditindaklanjuti dengan tes swab bagi mereka yang hasilnya reaktif.

Dari hasil tes swab yang diterima Gugus Tugas Covid-19  Ciamis dan Dinkes Ciamis, Rabu (3/6) sore hasil pasangan suami-isteri tersebut terkonfirmasi positif Covid-19.

“Sekarang pasangan suami-istri tersebut sudah menjalani masa isolasi mandiri di rumahnya,” katanya.

Kemungkinan keduanya terpapar virus Covid-19 setelah berinteraksi dengan pemudik dan keluarga saat libur lebaran.

“Ini diperkirakan oleh-oleh dari mudik. Yang berinteraksi dengan sanak saudaranya waktu liburan lebaran kemarin,” ujar Bupati Herdiat.

Menyusul adanya dua kasus positip Covid-19 tersebut menurut Bupati Herdiat, langkah yang sudah dilakukan adalah dengan melakukan isolasi mandiri terhadap kedua pasien. Selain itu juga menutup pasar dan puskesmas setempat.

Mendekam di Nusakambangan, Habib Bahar Bin Smith Tak Tinggal Diam, Minta Pengacara Temui Fadli Zon

PSBB di DKI Jakarta Tanpa Batasan Tanggal, Masuki Fase Transisi

Siapa Tahu Rezeki Anda, Nih Ada Lowongan Kerja di Kementerian Koperasi dan UKM LPDB-KUMMKM 2020

“Suaminya kan berjualan di pasar (Panjalu) sedangkan istrinya bertugas di Puskemas Panjalu. Untuk sementara pasar dan puskesmas ditutup dulu,” katanya.

 Pasar Panjalu ditutup sementara selama tiga hari demikian juga dengan Puskesmas Panjalu juga ditutup untuk layanan dan operasional  selama tiga hari terhitung Kamis (4/6) pukul 00.00 untuk dilakukan sterilisasi dengan penyemprotan cairan desinfektan

“Pasar dan Puskesmas Panjalu ditutup sementara unntuk dilakukan sterilasis guna memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19,” ujar Bupati Herdiat.

Dengan adanya pasangan suami-istri (pasien 07 dan pasien 08), yang terkonfirmasi positip Covid-19 tersebut menjelang diterapkan new normal (adaptasi kebiasaan baru/AKB) jumlah kasus terkonfirmasi positip Covid-19 di Ciamis menjadi 8 orang. Lima orang sudah sembuh, tiga lainnya masih dan sedang menjalani isolasi mandiri.(andri m dani)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved