Ibadah Haji 2020 Dibatalkan

Ternyata Pembatalan Haji Tahun Ini Bukan Pertama Kali di Indonesia, Pernah Terjadi pada 1947

Pembatalan ibadah haji seperti pada musim haji 2020 ternyata tidak yang pertama kali di Indonesia sejak merdeka pada 1945.

Istimewa
Menteri Agama Fachrul Razi saat menyampaikan keterangan tentang pembatalan ibadah haji 1441H/2020. 

TRIBUNCIREBON.COM, JAKARTA - Pembatalan ibadah haji seperti pada musim haji 2020 ternyata tidak yang pertama kali di Indonesia sejak merdeka pada 1945. 

//

Menurut Menteri Agama, Fachrul Razi, Indonesia pernah membatalkan pemberangkatan ibadah haji pada 1947-1948 atau pada saat agresi militer Belanda ketika itu.

"Indonesia juga pernah menutup karena pertimbangan masalah agresi. Menteri Agama Fathurrahman Kafrawi mengeluarkan Maklumat Kemenag Nomor 4/1947 tentang Penghentian Ibadah Haji di Masa Perang," kata Fachrul saat konferensi pers virtual, Selasa (2/6/2020).

Keputusan pembatalan pemberangkatan haji tahun ini disebabkan merebaknya pandemi Covid-19 di seluruh dunia, termasuk di Indonesia dan Arab Saudi.

Berdasarkan data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) hingga 2 Juni, terdapat 87.142 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Saudi.

Dari jumlah tersebut, 525 orang di antaranya meninggal dunia.

Kendati hingga kini belum ada keputusan resmi dari Pemerintah Arab Saudi terkait penyelenggaraan haji, tetapi negara kerajaan itu diketahui juga pernah membatalkan pelaksanaan ibadah tersebut beberapa waktu lalu.

"Kementerian Agama juga telah melakukan kajian literatur, serta menghimpun data dan informasi tentang haji di saat pandemi di masa lalu. Didapatkan fakta bahwa penyelenggaraan haji pada saat terjadinya wabah menular telah mengakibatkan tragedi kemanusiaan, di mana puluhan ribu jemaah haji menjadi korban," kata dia.

 Syahrini dan Reino Barack Tidak Main-main, Buru Netizen yang Dianggap Cemarkan Nama Baik

Tahun 1814, misalnya, terjadi wabah Thaun yang mengakibatkan pelaksanaan ibadah haji ditutup.

Selanjutnya, pada tahun 1837 dan 1858 terjadi epidemi.

 1.405 Kendaraan Disuruh Balik Arah di KM 47 Japek, Didominasi Kendaraan Pribadi

Adapun pada 1892 terdapat wabah kolera dah wabah meningitis pada 1987.

Fachrul menambahkan, satu di antara pertimbangan pembatalan tersebut yakni pemerintah ingin memastikan keselamatan dan kesehatan calon jemaah.

 1.063 Calon Jemaah Haji Asal KBB Batal Berangkat ke Tanah Suci Tahun Ini, Prioritas Tahun Depan

Hal tersebut guna meminimalisasi potensi penyebaran Covid-19 ketika mereka menjalankan ibadah di Tanah Suci. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemberangkatan Haji 2020 Dibatalkan, Pertama Kali sejak Agresi Militer"

Editor: Fauzie Pradita Abbas
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved