Breaking News:

Pedoman New Normal Juga Berlaku untuk Angkutan Barang, Begini Kata Humas PT KAI Daop 3

Selain Angkutan Penumpang, PT KAI Daop 3 Cirebon Terapkan Pedoman New Normal untuk Angkutan Barang

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi | Editor: Fauzie Pradita Abbas
Shutterstock via Kompas.com
Ilustrasi the new normal 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - PT KAI Daop 3 Cirebon telah menyiapkan pedoman perjalanan bagi penumpang yang naik kereta api saat new normal dimulai.

Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Luqman Arif, mengatakan, pedoman new normal itupun akan diberlakukan untuk angkutan barang.

"Pedomannya sudah disiapkan dan langsung diterapkan di angkutan barang PT KAI," ujar Luqman Arif kepada Tribuncirebon.com, Selasa (2/6/2020).

Ia mengatakan, pedoman new normal untuk angkutan barang diterapkan dalam beberapa hal.

Di antaranya, menerapkan physical distancing di loket pelayanan barang, penyediaan wastafel, hand sanitizer, dan menjaga kebersihan fasilitas angkutan barang.

Selain itu, menurut dia, pemeriksaan mendetail juga dilakukan terhadap barang-barang yang akan diangkut.

Bahkan, pihaknya juga meminta masyarakat untuk mewaspadai setiap kiriman hewan dan atau kiriman lain yang berpotensi membahayakan kesehatan.

"Peran KAI sebagai BUMN sangat signifikan dalam mobilitas masyarakat melalui layanan angkutan penumpang dan angkutan barang," kata Luqman Arif.

Ia menyampaikan, pedoman-pedoman itu disiapkan untuk seluruh aspek operasional bisnis perusahaan dalam menghadapi new normal.

Penyusunan pedoman itupun mengacu pada Keputusan Menteri Kesehatan No HK.01.07/Menkes/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha pada Situasi Pandemi.

"Pedoman itu dibuat untuk melindungi petugas dan pengguna jasa PT KAI dari kemungkinan terpapar Covid-19," ujar Luqman Arif.

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved