Breaking News:

Massa Marah, Kepung Kota Besar di AS sebagai Bentuk Protes Tewasnya George Floyd, Foto Lihat di Sini

Tindakan brutal polisi yang terjadi di Minneapolis, negara bagian Minnesota, menuai protes di semua kota di Amerika Serikat.

Tribun Jabar/Jusmawarni/Muhammad Afdal
protes george floyd 

Laporan Kontributor Washington DC, Jusmawarni/Muhammad Afdal

TRIBUNCIREBON.COM, WASHINGTON - Tindakan brutal polisi yang terjadi di Minneapolis, negara bagian Minnesota, menuai protes di semua kota di Amerika Serikat.

Gelombang protes atas tindakan polisi ini terjadi di beberapa kota besar seperti: Minneapolis, Los Angeles, Atlanta, New York City, Chicago, Philadelphia, Washington DC dan beberapa kota lain.

Gerakan itu dimotori beberapa organisasi warga kulit hitam seperti Black Live Matter dan organisasi kemanusian lainnya yang berbaur antara warga kulit hitam dan kulit putih menentang tindakan polisi ini.

Massa berdemonstrasi di dekat Gedung Putih.
Massa berdemonstrasi di dekat Gedung Putih. (Tribun Jabar/Jusmawarni & Muhammad Afdal)

Gerakan masif itu dipicu kematian warga kulit hitam di tangan polisi kulit putih pada 25 Mei 2020. Aksi itu terekam dan videonya beredar begitu cepat di seluruh Amerika baik di sosial media maupun di televisi.

Polisi kulit putih tersebut terlihat dengan jelas sekali menangkap warga kulit hitam yang dicurigai membuat kriminal. Tapi cara penanganan polisi ini melanggar standar penanganan.

Derek Chauvin, polisi itu, menindih George Floyd dengan lututnya di aspal di dekat mobil selama delapan menit. George Floyd sempat terekam berteriak "aku tak bisa bernapas".

pemandangan di jalanan washington
pemandangan di jalanan washington (Tribun Jabar/Jusmawarni & Muhammad Afdal)

Di sana tidak cuma ada Derek Chauvin. Tapi juga ada dua polisi lain tapi tidak melakukan apa-apa. Akhirnya George Flyod meninggal di rumah tahanan polisi.

Meninggalnya George Floyd menyut kemarahan warga.  

Puncaknya Sabtu (30/5/2020) di semua televisi lokal di Amerika menyiarkan dengan jelas kejadian di Minneapolis.

Halaman
123
Editor: Fauzie Pradita Abbas
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved